APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) BOARD GAME SUTASOMA MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN UNITY3D DI PT. SEBANGKU JAYA ABADI (Studi kasus: PT. Sebangku Jaya Abadi)

Ilalahi, Fikri Bakti (2020) APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) BOARD GAME SUTASOMA MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN UNITY3D DI PT. SEBANGKU JAYA ABADI (Studi kasus: PT. Sebangku Jaya Abadi). D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (823kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-17014015-Fikri Bakti - Fikri Bakti Ilalahi.rar
Restricted to Repository staff only

Download (71MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17014015-Fikri Bakti - Fikri Bakti Ilalahi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)

Abstract

Di Indonesia terdapat banyak situs – situs yang memilki nilai sejarah yang sangat fenomenal, seperti candi, artefak, prasasti, dll. Namun, banyaknya nilai – nilai sejarah tersebut tidak diimbangi dengan media pembelajaran yang menarik bagi kita. Oleh karena itu, dibutuhkan ide untuk membuat media pembelajaran tentang sejarah yang interaktif dan menarik bagi kita apalagi untuk anak – anak zaman sekarang yang dimana semuanya serba gadget. Dari permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media dengan judul ―Aplikasi Augmented Reality (AR) Board Game Sutasoma Menggunakan Pemrograman Unity3D‖. Aplikasi Augmented Reality Game Sutasoma dapat menampilkan informasi tentang candi Prambanan, Candi Ratu Boko dan Candi Borobudur, baik dari segi sejarah tentang candi-candi tersebut maupun ceritacerita legenda yang ada. Pembangunan aplikasi Augmented Reality pada board game SUTASOMA bertujuan untuk memperkaya fitur board game sekaligus memperkenalkan dan menginformasikan sejarah-sejarah yang terdapat pada candi-candi di Yogyakarta secara menarik, inovatif, dan interaktif. Hasil penelitian berupa Aplikasi Augmented Reality yang dibuat dengan menggunakan Unity3D. Pembuatan animasi dua dimensi menggunakan Adobe Photoshop CS6 dan Adobe After Effect CS4.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Huda, Arif Akbarul
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Sejarah Candi, Aplikasi AR, Game Sutasoma, Unity3D, Temple History, AR Application
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:29
Last Modified: 16 Aug 2023 03:27
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2466

Actions (login required)

View Item View Item