PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LINGUISTIK BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK TUNA GRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Gunawan, Muhammad Bintang Putra Pratama (2020) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LINGUISTIK BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK TUNA GRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER - ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (763kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (SOURCE CODE)
Publikasi-16.11.0353-Muhammad Bintang - Muhammad Bintang Putra Pratama Gunawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Other (PUBLIKASI)
ARThings-16.11.0353-Muhammad Bintang - Muhammad Bintang Putra Pratama Gunawan.rar
Restricted to Repository staff only

Download (48MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang menjadikan faktor kemajuan sebuah negara. Dengan memanfaatkan teknologi sebagai salah satu media pembelajaran dapat menciptakan metode belajar yang mudah dan menyenangkan bagi para guru dan siswa. Banyak platform media interaktif yang dapat diterapkan dalam metode pembelajaran serta mudah dikases oleh para guru dan siswa melalui gawai berbasis anSLB Negeri Pembina Yogyakarta merupakan salah satu sekolah inklusi yang ada di Yogyakarta, yang dimana seluruh siswa maupun beberapa staff pengajar adalah orang-orang yang berkebutuhan khusus. Metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih menggunakan cara yang konvensional, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa inggris yang cukup sulit dipahami bagi anak berkebutuhan khusus, seperti anak-anak tuna grahita. Guru sering kali mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi dalam Bahasa inggris, begitu juga siswa dengan para siswa yang sulit memahami penjelasan yang disampaikan oleh guru mereka. Beberapa pertanyaan muncul: Bagaimana guru dapat lebih mudah dalam menyampaikan materi pelajaran Bahasa inggris? Bagaimana agar siswa tuna grahita lebih mudah memahami dan lebih mandiri dalam menerima materi dari guru? droid, salah satunya adalah augmented reality. Setelah meilhat permasalahan yang ada, penelitian ini dibuat untuk menganalisa kendala pada metode pembelajaran, dan jawaban untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti menggunakan metode pengembangan multimedia MDLC (Multimedia Development Life Cycle) mulai dari perancangan model concept, design, material collection, assembly, testing, dan distribution. Metode pengembangan ini akan menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran Bahasa inggris dengan augmented reality yang berbasis android. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan para guru dapat lebih mudah dalam menyampaikan materi dan siswa penyandang tuna grahita lebih mampu dalam memahami pembelajaran Bahasa inggris dengan metode yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Saputra, Erik Hadi
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengembangan aplikasi, guru dan siswa
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:50
Last Modified: 24 Jun 2022 02:50
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2427

Actions (login required)

View Item View Item