Hermawan, Devin (2024) {SKRIPSI NON REGULER - MAGANG ARTIST} PEMBUATAN KEY FRAME PADA SCENE 2 DALAM FILM ANIMASI 2D 'ASMARA: MYTHICAL OF BORNEO' MENGGUNAKAN TOON BOOM HARMONY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (92kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB IV.pdf Download (38kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Non-Reguler - Magang Artist Source Code - Devin Hermawan.zip Restricted to Repository staff only Download (76MB) |
Abstract
Asmara: Mythical of Borneo merupakan sebuah film animasi 2D yang mengisahkan tentang sekelompok orang yang terdampar di pulau Kalimantan dan hendak dihukum mati oleh raja yang berkuasa. Film ini memiliki tokoh utama yaitu seorang Perempuan bernama Asmara yang berusaha melawan Kerajaan tersebut dan menyelamatkan kelompoknya. Pada film animasi 2D ini, pembuatannya menggunakan teknik frame by frame yang mana memiliki sebuah key frame sebagai kunci dalam pergerakan animasinya. Key frame merupakan kumpulan gambar kunci dalam satu shot yang menggambarkan apa yang terjadi pada shot tersebut. Pembuatan key frame memerlukan pemahaman akan prinsip-prinsip animasi dan kemampuan menggambar yang baik sehingga dapat menjadi kunci gerakan yang baik. Pada film ini, terdapat banyak gerakan adegan yang sulit dilakukan dengan liveshoot sehingga harus dikemas dengan menggunakan animasi 2D. Selain itu, pembuatan detail karakter juga lebih memungkinkan untuk dibuat menggunakan animasi 2D dengan teknik frame by frame. Pembuatan film animasi 2D ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan key frame pada film animasi 2D Asmara: Mythical of Borneo dan pengaruh terhadap narasi visualnya. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dari film animasi 2D yang sudah diproduksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan key frame mampu memberikan sebuah penggambaran yang pas dalam penyampaian cerita dan ekspresi karakter. Teknik ini juga memungkinkan untuk memberikan kesan pergerakan yang realistis pada objek atau karakter meskipun pergerakan tidak dibuat secara liveshoot.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Film animasi, key frame, Toon Boom Harmony, Asmara: Mythical of Borneo | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Feb 2024 03:57 | ||
Last Modified: | 21 Feb 2024 03:57 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23935 |
Actions (login required)
View Item |