Widiatmoko, Nur (2024) PEMBUATAN LINGKUNGAN BUKIT PARANGRACUK 3 DIMENSI MENGGUNAKAN TEKNIK POLYGONAL MODELLING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (60kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Nur Widiatmoko.zip Restricted to Repository staff only Download (52MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (891kB) |
Abstract
Bukit merupakan permukaan tanah yang lebih tinggi dari wilayah di sekelilingnya dan lebih rendah dari pegunungan. Bukit memiliki peranan yang penting dan dapat menyerap air hujan. Bukit tersebut memerlukan penghijauan secara menyeluruh ataupun pada setiap bagian bukit, Agar berfungsi dengan baik. Teknologi visualisasi diharapkan menjadi salah satu cara untuk mempermudah hal tersebut dalam bentuk obyek environment bukit 3D Modeling. Banyak berbagai metode yang digunakan dalam pembuatan sebuah obyek 3D Modeling, Dengan perkembangan teknologi secara drastis dan semakin canggih, Yang terus berkembang sampai sekarang. Sehingga, dapat digunakan untuk mempermudah dalam menyampaikan sesuatu yang berupa informasi 3 dimensi. Hasil yang didapat melalui proses pembuatan tersebut berupa lingkungan perbukitan, Metode yang digunakan dalam pembuatan environment bukit 3D Modeling adalah teknik polygonal, dengan menggunakan sculpting (mematung secara digital) dan hasil dari teknik tersebut menyerupai memahat atau pahatan. Kemudian dimodifikasi menjadi obyek yang diinginkan dengan mengubah pada edit mesh. Sehingga, Hasil akhir dari pembuatan obyek tersebut terlihat halus dan seperti tampak nyata. Hasil dari pembuatan 3D Modeling akan divisualisasikan kedalam bentuk video, dan selanjutnya akan di unggah kedalam sosial media YouTube. Hasil dari penelitian diharapkan mampu dan berguna untuk dimasa mendatang, sehingga mempermudah promosi atau visualisasi bentuk lingkungan bukit Parangracuk. Metode yang digunakan dalam penulisan penelitian ini menggunakan metodepenulisan kualitatif, dimana bahan-bahan didapatkan dari berbagai macam sumber,diantaranya sumber yang terdapat di internet dan juga naskah dokument data dari instansi yang di teliti.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 3D Modeling, Lingkungan, Polygonal Modeling | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Feb 2024 03:21 | ||
Last Modified: | 21 Feb 2024 03:21 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23922 |
Actions (login required)
View Item |