PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D “SPEAKING” DENGAN TEKNIK MOTION CAPTURE

Sentika, Wildan Ruruh (2020) PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D “SPEAKING” DENGAN TEKNIK MOTION CAPTURE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (834kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
SourceCode-16.62.0092-Wildan Ruruh Sentika - Wildan Ruruh Sentika.zip
Restricted to Repository staff only

Download (123MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.62.0092-Wildan Ruruh Sentika - Wildan Ruruh Sentika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)

Abstract

Perbedaan struktur wajah dari manusia dan model animasi menjadi kendala dalam pembuatan animasi yang memerlukan penangkapan pergerakan (Motion Capture). Perbedaan ini mengakibatkan ekspresi yang dihasilkan oleh model animasi tidak sesuai dengan ekspresi yang dihasilkan manusia. Salah satu contohnya adalah perbedaan lebar bibir model peraga dan model 3D animasi. Ketidaksesuaian ini membuat ekspresi animasi terlihat tidak realis. Pada penelitian ini digunakan model wajah 3D topeng ajaib bernama “Faceless” dengan struktur wajah yang memiliki rentang bibir kecil dan mata besar ketimbang manusia. Data sumber motion capture berisi gerakan manusia yang berekspresi senang, terkejut, marah, sedih, jijik, dan takut. Agar data hasil motion capture dapat dipasangkan ke dalam model karakter 3D dan menghasilkan hasil animasi ekspresi yang realistis, maka proporsi struktur wajah asli harus sesuai dengan struktur wajah karakter 3D. Oleh karena itu dibutuhkan pembuatan mesh karakter 3D dan pemetaan marker yang sesuai dengan wajah asli.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Arief, M. Rudyanto
Uncontrolled Keywords: animasi 3D, motion capture, ekspresi wajah, 3D animation, facial expression.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:54
Last Modified: 16 Aug 2023 01:46
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2387

Actions (login required)

View Item View Item