Faradilla, Faradilla (2023) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS MOBILE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF AKSARA JAWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI GIWANGAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (244kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (50kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Faradilla.zip Restricted to Repository staff only Download (4kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Aksara jawa tercantum dalam kurikulum muatan locak pembelajaran bahasa jawa. Pembelajaran pengenalan huruf aksara jawa di Sekolah Dasar Negeri Giwangan masih mengandalkan pembelajaran yang konvensional. Hal ini membuat minat belajar siswa menjadi berkurnag sehingga aksara jawa menjadi salah satu pelajaran yang kurang diminati oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Giwangan untuk pengenalan huruf aksara jawa dengan mengembangkan aplikasi pada smartphone dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Metode perancangan yang digunakan adalah Unified Modelling Language (UML) sedangkan metode pengembangan aplikasi menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi ini menampilkan informasi visual dan suara pada layar smartphone ketika pengguna mengarahkan kamera ke objek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi aplikasi augmented reality sebagi media pembelajaran pengenalan huruf aksara jawa berhasil menambah pengalaman belajar yang mudah bagi siswa di Sekolah Dasar Negeri Giwangan. Hasil evaluasi penggunaan aplikasi augmented reality ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan siswa sebesar 90% untuk Aspek Tampilan sedangkan untuk Aspek Informasi sebesar 92% yang dalam kategorinya “Sangat Setuju” terhadap aplikasi. Selain itu aplikasi ini juga menambah pemahaman siswa terhadap visual huruf aksara jawa. Kesimpulannya penelitian ini adalah aplikasi ini berhasil menerapkan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan huruf aksara jawa di Sekolah Dasar Negeri Giwangan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Huruf Aksara Jawa, Augmented Reality, Mobile Android, Multimedia Development Life Cycle, SDN Giwangan | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Feb 2024 03:28 | ||
Last Modified: | 20 Feb 2024 03:28 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23825 |
Actions (login required)
View Item |