PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS MOBILE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF AKSARA JAWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI GIWANGAN

Faradilla, Faradilla (2023) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS MOBILE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF AKSARA JAWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI GIWANGAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Faradilla.zip
Restricted to Repository staff only

Download (4kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Aksara jawa tercantum dalam kurikulum muatan locak pembelajaran bahasa jawa. Pembelajaran pengenalan huruf aksara jawa di Sekolah Dasar Negeri Giwangan masih mengandalkan pembelajaran yang konvensional. Hal ini membuat minat belajar siswa menjadi berkurnag sehingga aksara jawa menjadi salah satu pelajaran yang kurang diminati oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Giwangan untuk pengenalan huruf aksara jawa dengan mengembangkan aplikasi pada smartphone dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Metode perancangan yang digunakan adalah Unified Modelling Language (UML) sedangkan metode pengembangan aplikasi menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi ini menampilkan informasi visual dan suara pada layar smartphone ketika pengguna mengarahkan kamera ke objek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi aplikasi augmented reality sebagi media pembelajaran pengenalan huruf aksara jawa berhasil menambah pengalaman belajar yang mudah bagi siswa di Sekolah Dasar Negeri Giwangan. Hasil evaluasi penggunaan aplikasi augmented reality ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan siswa sebesar 90% untuk Aspek Tampilan sedangkan untuk Aspek Informasi sebesar 92% yang dalam kategorinya “Sangat Setuju” terhadap aplikasi. Selain itu aplikasi ini juga menambah pemahaman siswa terhadap visual huruf aksara jawa. Kesimpulannya penelitian ini adalah aplikasi ini berhasil menerapkan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan huruf aksara jawa di Sekolah Dasar Negeri Giwangan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurcholis, Muhammad Tofa
Uncontrolled Keywords: Huruf Aksara Jawa, Augmented Reality, Mobile Android, Multimedia Development Life Cycle, SDN Giwangan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:28
Last Modified: 20 Feb 2024 03:28
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23825

Actions (login required)

View Item View Item