Toruan, Bima Tirta Lumban (2022) ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP UU CIPTA KERJA DI MEDIA SOSIAL TWITTER DAN INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (635kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (250kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (65kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-17.11.1666-Bima Tirta Lumban Toruan.rar Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.11.1666-Bima Tirta Lumban Toruan.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
Abstract
UU Cipta Kerja merupakan salah satu kebijakan dari pemerintah Indonesia yang menarik banyak perhatian masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya demo besar-besaran diawal tahun 2020. Tidak hanya itu masyarakat juga ramai membahasnya di media sosial seperti Twitter dan Instagram. Analisis sentimen merupakan salah satu cabang dari text mining yang dapat membantu mengetahui sentimen yang terjadi pada masyarakat di media sosial Twitter dan Instagram. Penelitian ini menggunakan salah satu algoritma yang sering digunakan dalam sistem analisis sentimen yaitu Naïve Bayes Classifier. Tujuan dari penelitian ini yaitu membandingkan hasil dari analisis sentimen terhadap UU Cipta kerja di media sosial Twitter dan Instagram. Dalam hal ini data yang akan diolah dibagi menjadi tiga kelas sentimen yaitu positif, negatif, dan netral. Dari percobaan yang dilakukan dengan pembagian menjadi tiga kelas menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier, dihasilkan nilai akurasi sebesar 66,13% untuk dataset Twitter dan 76,43% untuk dataset Instagram. Sedangkan untuk hasil nilai sentimen, dataset Twitter menghasilkan nilai positif sebesar 64%, negatif 15%, dan netral 21%. Kemudian dataset Instagram menghasilkan prediksi positif sebesar 88%, negatif 4,58%, netral 7,22%. Sehingga dapat disimpulkan untuk ketiga kelas sentimen tersebut, sentimen positif lebih unggul di media sosial Twitter dan Instagram.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Analisis sentimen, Naïve Bayes Classifier, UU Cipta Kerja, Twitter, Instagram. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Jun 2022 02:40 | ||
Last Modified: | 22 Aug 2023 02:36 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/238 |
Actions (login required)
View Item |