SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN API TELEGRAM DI BKKBN KABUPATEN CILACAP

Ningsih, Dwi Risma (2019) SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN API TELEGRAM DI BKKBN KABUPATEN CILACAP. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (371kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)

Abstract

Peningkatan Pelayanan publik adalah suafu reformasi birokrasi peningkatan pelayanan masyarakat. Selama ini dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan publik masih dalam kondisi memperhatinkan. Di Kabupaten Cilacap sendiri kekerasan masih terbilang cukup banyak dimana terdapat 117 kasus dan 129 korban pada tahun 2017. Pelayanan publik yang sudah ada masih bersifat manual yang berarti masyarakat masih harus datang ke kantor tersebut untuk menyampaikan surat pengaduanya sehingga staf pengelola pengaduan publik Kabupaten Cilacap mengalami kesulitan dalam menerima keluhan masyarakat yang terlalu banyak dikarenakan pencatatan keluhan yang telah diterima bersifat pengarsipan sehingga mengakibatkan surat-surat keluhan tersebut tidak ditangin dengan baik dan efektif. Teknik perencanaan, yaitu dengan mengindentifikasi masalah-masalah yang ada melalui wawancara dan observasi. Analisis secara menyeluruh dengan memeriksa proses pencacatan laporan adunn pada Dinas PP, PA, dan KB Kabupaten Cilacap, observasi dan evahiasi manaejmen prosedur pencacatan yang telah ada dengan standar metode, analisis dan evaluasi, penerapan kebijakan pencacatan aduan, penafsiran resiko yang mungkin muncul meminimalisir kesalahan pengguna akibat kelalaian SDM. Hasil analisis masalah ditemukan banyak hal yang masih mengalami kesalahan pada saat melakukan aduan dan pencacatan aduan. Sistem yang dirancang diberikan pencarian data secara spesifik, adunn yang bisa dilakukan dimana saja, fitur Notifikasi Telegram untuk memberitahu kepada administrator bahwa ada aduan, serta ada fitur proses yang memungkinkan pengadu bisa melihat bagaimana aduamya sedang diproses oleh pihak Dinas PP, PA, Dan KB, masyarakat bisa melakukan kousultasi dan terdapat cetak laporan yang memudahkan bagi staf pengelola untuk mencetak laporan aduan yang masuk.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Yaqin, Ainul
Uncontrolled Keywords: Telegram, Layanan Publik, Efisien, Sistem Informasi, PP, PA, KB
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Manajemen Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:19
Last Modified: 06 Feb 2024 02:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23732

Actions (login required)

View Item View Item