Fahmi, Muhammad Syahrul (2023) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL PLANET-PLANET DI TATA SURYA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (37kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Muhammad Syahirul Fahmi.zip Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) |
Abstract
Teknologi Augmented Reality adalah teknologi yang dapat menggabungkan antara dunia maya dengan dunia nyata. Penelitian ini dilatarbalakangi pada berkembang pesatnya teknologi informasi dibidang edukasi, salah satunya adalah Augmented Reality (AR) yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran termasuk media pembelajaran tata surya. Hal ini dikarenakan materi sistem tata surya sangat sulit untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kelebihan dari AR adalah tampilan visual yang menarik, karena dapat menampilkan objek 3D yang seakan-akan ada pada lingkungan nyata sehingga Augmented Reality diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan planet-planet sistem tata surya yang mampu membuat pengguna tertarik. Pada penelitian ini dibuat dengan menggunakan Game Engine UNITY untuk membangun aplikasi berbasis android serta Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun memungkinkan menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality dan Maya untuk pembuatan objek 3D. Disertai dengan sebuah kartu yang berisi marker yang apabila diarahkan ke aplikasi dapat menampilkan visualisasi objek 3D. Aplikasi ini dapat bermanfaat bagi siswa sekolah dasar (SD), yang memperoleh materi dasar pembelajaran tata surya. Penelitian ini menunjukkan potensi besar dari penerapan teknologi Augmented Reality dalam konteks Pendidikan. Penggunaan AR sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa dan minat mereka dalam materi pelajaran, terutama dalam topik yang kompleks seperti Tata Surya. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan panduan bagi pendidik dan pengembang media pembelajaran untuk memanfaatkan teknologi AR dalam Upaya meningkatkan kualitas Pendidikan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Tata Surya, 3D, Pembelajaran, MIN 7 Ngawi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Jan 2024 01:24 | ||
Last Modified: | 10 Jan 2024 01:24 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23513 |
Actions (login required)
View Item |