PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BANGUN RUANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

Priyantara, Naufal Irfan Bima (2023) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BANGUN RUANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (849kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - naufal irfan.zip
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi membuat segala sesuatu yang di kerjakan menjadi lebih mudah dalam segala bidang, termasuk bidang pendidikan. Salah satu teknologi yang dapat diterapkan dalam sistem pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi Augmented Reality (AR) yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran alternatif untuk membantu dalam mevisualkan bentuk dari bangun ruang yang lebih menarik dan mudah diingat oleh siswa kelas VI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis fishbone sedangkan metode pengembang aplikasi menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Penelitian dilakukan pada siswa kelas VI di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3. Pengambilan data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang dihitung berdasarkan skala likert. Skala likert menyediakan item untuk respon dengan kategori yang berjenjang, dan biasanya memiliki jenjang lima, yaitu: sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Dari hasil pengisian kuesioner didapatkan presentasi sebesar 92,9% yang termasuk kedalam kategori sangat setuju. Hal ini menunjukann media pembelajaran Augmented Reality mendapatkan tanggapan yang sangat baik dari seluruh pengguna aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi teknologi Augmented Reality berbasis android memiliki potensi besar untuk digunakan dalam menarik minat belajar siswa dibidang bangun ruang. Dan dengan menggunakan teknologi Augmented Reality pengguna dapat mengalami pengalaman visualisasi yang lebih konkret dan interaktif, yang membantu mereka memahami secara lebih baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurcholis, Muhammad Tofa
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Bangun Ruang, MDLC (Multimedia Development Life Cycle), Matematika, Analisis Fishbone, Aplikasi.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:02
Last Modified: 09 Jan 2024 07:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23484

Actions (login required)

View Item View Item