PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA INTERAKSI MULTI MARKER TENTANG RUMAH ADAT INDONESIA DENGAN ANIMASI 3D BERBASIS ANDROID

Annas, Tory Choirul (2023) PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA INTERAKSI MULTI MARKER TENTANG RUMAH ADAT INDONESIA DENGAN ANIMASI 3D BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (798kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Tory Choirul Annas.zip
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)

Abstract

Di zaman sekarang ini teknologi sudah sangat berkembang pesat. Teknologi membantu manusia dalam mempelajari hal baru, seperti teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi ini memungkinkan pengguna menampilkan informasi berupa suara dan gambar kedalam dunia nyata melalui kamera. Pada penerapan teknologi Augmented Reality (AR) ini digunakan metode multi marker dimana kamera dapat melacak objek yang ditangkap lebih dari satu objek. Dalam penelitian ini dibuatlah sistem Augmented Reality (AR) objek animasi. Sistem yang dibuat dalam objek adalah tentang rumah adat. Aplikasi akan menampilkan rumah adat secara virtual dalam bentuk 3D dalam layar smartphone ketika pengguna menjalankan aplikasi kemudian aplikasi melakukan pelacakan marker, setelah itu marker yang dikenali akan diproses sesuai data acuan yang tersimpan pada sistem aplikasi. Pada sistem ini marker akan menampilkan objek virtual berupa rumah adat yang kemudian dapat berinteraksi dengan marker lainnya yang menampilkan objek manusia. Jika marker rumah adat dan manusia sesuai maka akan terjadi interaksi antar objek, apabila marker tidak sesuai maka tidak akan terjadi interaksi antar marker tetapi objek virtual akan tetap tampil.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Multi Marker, Rumah Adat
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jan 2024 05:04
Last Modified: 08 Jan 2024 05:04
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23407

Actions (login required)

View Item View Item