PERANCANGAN PENGENALAN KOMPONEN JARINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Lundeto, Fikri (2023) PERANCANGAN PENGENALAN KOMPONEN JARINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (786kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Fikri Lundeto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (54MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

Pembelajaran menggunakan bantuan media teknologi merupakan salah satu metode pembelajaran yang menarik dan dianggap efektif karena mampu belajar dimanapun dan kapanpun hanya dengan bantuan smartphone. Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, bahwa virus Covid-19 adalah wabah penyakit berbahaya. Penyebaran Covid-19 penularannya melalui kontak fisik, untuk memutus mata rantai Covid-19 pemerintah menyarankan agar mengurangi kegiatan secara langsung, seperti pengenalan komponen jaringan. Augmented Reality merupakan teknologi yang digunakan untuk merealisasikan dunia virtual ke dalam dunia nyata secara real time. Marker yang terdapat pada masing – masing perangkat bergambar akan ditangkap oleh kamera mobile device yang kemudian diproses untuk menampilkan animasi 3D modeling secara real time. Rancangan ini menggunakan software unity & blender. Modeling adalah proses pembuatan objek 3D menggunakan blender, unity adalah proses pembuatan perancangan agar dapat dijalankan. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MDCL terdiri dari enam tahap yaitu pengonsepan (concept), perancangan (design), pengumpulan materi (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan pendistribusian (distribution). Hasil perancangan adalah sebuah media pembelajaran untuk pengenalan komponenkomponen jaringan dengan memanfaatkan Augmented Reality.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, M. Fairul
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Komponen Jaringan, Virus Covid-19, Unity 3D.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jan 2024 01:46
Last Modified: 08 Jan 2024 01:46
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23331

Actions (login required)

View Item View Item