Lundeto, Fikri (2023) PERANCANGAN PENGENALAN KOMPONEN JARINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (786kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Fikri Lundeto.zip Restricted to Repository staff only Download (54MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
Abstract
Pembelajaran menggunakan bantuan media teknologi merupakan salah satu metode pembelajaran yang menarik dan dianggap efektif karena mampu belajar dimanapun dan kapanpun hanya dengan bantuan smartphone. Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, bahwa virus Covid-19 adalah wabah penyakit berbahaya. Penyebaran Covid-19 penularannya melalui kontak fisik, untuk memutus mata rantai Covid-19 pemerintah menyarankan agar mengurangi kegiatan secara langsung, seperti pengenalan komponen jaringan. Augmented Reality merupakan teknologi yang digunakan untuk merealisasikan dunia virtual ke dalam dunia nyata secara real time. Marker yang terdapat pada masing – masing perangkat bergambar akan ditangkap oleh kamera mobile device yang kemudian diproses untuk menampilkan animasi 3D modeling secara real time. Rancangan ini menggunakan software unity & blender. Modeling adalah proses pembuatan objek 3D menggunakan blender, unity adalah proses pembuatan perancangan agar dapat dijalankan. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MDCL terdiri dari enam tahap yaitu pengonsepan (concept), perancangan (design), pengumpulan materi (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan pendistribusian (distribution). Hasil perancangan adalah sebuah media pembelajaran untuk pengenalan komponenkomponen jaringan dengan memanfaatkan Augmented Reality.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Komponen Jaringan, Virus Covid-19, Unity 3D. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Jan 2024 01:46 | ||
Last Modified: | 08 Jan 2024 01:46 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23331 |
Actions (login required)
View Item |