Fauzan, Aziz (2023) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL GAMELAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (285kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (889kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (67kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Aziz Fauzan.zip Restricted to Repository staff only Download (46MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi abad ke-21 memberikan perubahan dalam berbagai bidang dan tatanan kehidupan manusia. Perkembangan tersebut berdampak pada bidang kebudayaan. Pemanfaatan teknologi dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan kebudayaan lokal dalam skala modern. Perkembangan teknologi dan informasi yang dimaksud adalah aplikasi Augmented Reality (AR). Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian di wilayah Kabupaten Gunungkidul Provinsi Yogyakarta terkait dengan penyebarluasan budaya berupa gamelan yang beranekaragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan inovasi perkembangan teknologi pengenalan gamelan Jawa dengan membuat sebuah aplikasi dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk pengenalan alat musik tradisional gamelan Jawa jenis slendro pada sistem android. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan dengan metode waterfall. Objek penelitian berupa gamelan Jawa jenis slendro. Penelitian ini menggunakan teknik pengujian aplikasi yaitu black box testing. Perancangan aplikasi menggunakan aplikasi Unity 3D, Blender, dan Vuforia Library. Metode kuantitatif dan survei digunakan sebagai analisis data penelitian terhadap responden yang menjadi objek dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini aplikasi dengan nama ARGAJA yang dapat diakses bagi siswa, mahasiswa, maupun masyarakat sebagai bentuk pengenalan alat musik tradisional gamelan Jawa melalui smartphone android.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, gamelan, android, Unity 3D | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Jan 2024 01:28 | ||
Last Modified: | 08 Jan 2024 01:28 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23327 |
Actions (login required)
View Item |