IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA BUWANI COFFEE DAN EATERY SEBAGAI MEDIA PROMOSI BERBASIS MARKER BASED TRACKING MENGGUNAKAN UNITY

Darmawan, Faris Abid (2023) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA BUWANI COFFEE DAN EATERY SEBAGAI MEDIA PROMOSI BERBASIS MARKER BASED TRACKING MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Faris Abid Darmawan.zip
Restricted to Repository staff only

Download (73MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Buwani coffee dan eatery merupakan sebuah coffee shop yang dibangun untuk khalayak ramai yang ingin mencoba atau mencicipi berbagai hidangan menu yang modern tapi masih ramah dikantong. Namun di setiap coffee shop kebanyakan sangat minim informasi mengenai menu yang disajikan pada daftar menu, sehingga sangat membingungkan pelanggan terutama pelanggan baru. Maka, dibuatlah sebuah aplikasi “Augmented Reality (AR) Buwani Coffee dan Eatery”. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada pelanggan dan membantu peran pelayan dalam menyampaikan informasi mengenai menu-menu yang disajikan secara lengkap kepada pelanggan. Aplikasi ini menggunakan metode marker based tracking. Aplikasi ini juga memberikan beberapa fitur seperti menampilkan teks informasi berupa deskripsi dari menu dan menampilkan objek 3D. Berdasarkan hasil uji dari aplikasi yang telah dibuat dengan menggunakan pengujian alpha dan beta. Hasil uji alpha menunjukkan bahwa semua persyaratan fungsional telah berhasil dipenuhi. Sementara itu, uji beta dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada asisten praktikum AR/VR dengan perhitungan total persentase yaitu 87,81% yang termasuk pada kategori "Sangat Baik" dan telah menerima persetujuan dari para ahli. Aplikasi ini sangat membantu pelanggan dalam mendapatkan informasi secara lengkap serta membantu peran pelayan dalam menyampaikan informasi kepada pelanggan. Saran untuk penelitian ini, ke depannya dapat dikembangkan lagi dengan metode markerless.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Marker, 3D.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:24
Last Modified: 05 Jan 2024 07:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23307

Actions (login required)

View Item View Item