PENERAPAN METODE IMAGE TRACKING PADA AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA SURYA

Bonita, Alvita (2023) PENERAPAN METODE IMAGE TRACKING PADA AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA SURYA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (914kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Alvita Bonita.zip
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran Tata Surya di SD Negeri Baturetno masih menggunakan alat peraga sederhana, video, dan buku dimana dominan guru menjelaskan yang membuat pembelajaran tersebut monoton dan kurang mengasah daya tangkap siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam konteks pengenalan Tata Surya berbasis Android. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah siklus pengembangan multimedia, dikenal sebagai Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi ini memanfaatkan teknologi AR untuk memberikan informasi visual dan audio tambahan saat pengguna mengarahkan kamera perangkat mereka ke objek Tata Surya. Tujuannya adalah memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa dalam memahami Tata Surya. Hasil penelitian ini telah berhasil memberikan memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi siswa dengan pemanfaatan aplikasi Augmented Reality (AR) untuk memperkenalkan Tata Surya. Evaluasi penggunaan aplikasi AR memperlihatkan bahwa sebanyak 94,6% siswa merasa “Sangat Setuju” dengan aplikasi AR ini. Di samping itu, aplikasi AR juga berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang Tata Surya. Kesimpulannya penelitian ini telah berhasil dalam menerapkan teknologi AR dalam upaya memperkenalkan Tata Surya di SD Negeri Baturetno. Diharapkan bahwa pengembangan dan penyebaran lebih lanjut dari aplikasi ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar dalam pembelajaran Tata Surya di konteks Pendidikan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurniawan, Mei P
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media pembelajaran, Tata surya, SD Negeri Baturetno, Multimedia Development Life Cycle (MDLC).
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:52
Last Modified: 05 Jan 2024 03:52
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23277

Actions (login required)

View Item View Item