PERANCANGAN 3D MODELING KARAKTER SUPERHERO "GATOTKACA" MENGGUNAKAN METODE SCULPTING DAN RETOPOLOGY

Rahmat, Ardino Muhammad (2019) PERANCANGAN 3D MODELING KARAKTER SUPERHERO "GATOTKACA" MENGGUNAKAN METODE SCULPTING DAN RETOPOLOGY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (856kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)

Abstract

Saat ini perkembangan film animasi 3D berkembang sangat pesat seiring dengan semakin canggihnya teknologi hardware komputer. Perkembangan film animasi 3D bisa terlihat dari grafik yang menyajikan karakter dan envoronment yang semakin realistik. Berbagai teknik dan metode ditemukan untuk menciptakan bentuk karakter yang realistis dengan detail yang tinggi. Salah satunya adalah dengan metode sculpting dan retopology. Sculpting adalah metode pemodelan 3D dengan cara menambahkan atau mengurangi permukaan mesh, seperti ketika membuat patung menggunakan tanah liat. Metode ini sering digunakan untuk mendapatkan detail yang sangat tinggi dari sebuah objek 3D, sedangkan Retopology adalah metode membangun ulang objek dengan jumlah polygon yang lebih efisien sehingga sebuah objek 3D bisa lebih mudah untuk dianimasikan. Teknik ini diperlukan untuk mengatur ulang edge flow dari objek 3D yang telah dibuat menggunakan metode sculpting. Dalam skripsi ini penulis akan membahas bagaimana penerapan 2 metode tersebut dalam pembuatan karakter superhero yang terinspirasi dari tokoh pewayangan, yaitu Gatotkaca menggunakan software Blender 3D. Produk yang dihasilkan adalah sebuah karakter 3D dengan detail tinggi yang siap untuk dianimasikan. Penulis juga akan melakukan testing dengan membuat animasi singkat menggunakan karakter tersebut.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: High poly, 3D, Sculpting, Retopology
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:51
Last Modified: 02 Jan 2024 06:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23243

Actions (login required)

View Item View Item