Roziqin, Muhammad (2020) OPTIMALISASI PENGGUNAAN APLIKASI “AUGMENTED REALITY BAHASA ISYARAT” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (811kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (264kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (95kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 16.12.9290 Muhammad Roziqin.zip Restricted to Repository staff only Download (65MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (979kB) |
Abstract
Kegagalan dalam memberikan layanan pembelajaran pada anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) khususnya tunarungu secara umum disebabkan kurang tepatnya program pembelajaran yang diterapkan pada siswa. Selama ini media pembelajaran mengenai dasar bahasa isyarat pada SLB Wiyata Dharma 1 Sleman untuk jenjang sekolah dasar cenderung dilakukan melalui media konvensional, misalnya buku dan poster. Dengan media tersebut siswa harus membayangkan bagaimana pola yang sesuai yang didasarkan pada Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) dan Berkenalan dengan Sistem Isyarat Indonesia (BISINDO). Akibatnya tidak sedikit siswa menemui kesalahan dalam hal pemahaman bentuk pola isyarat yang sesuai. Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar bahasa isyarat maka diusulkan membuat aplikasi berupa media pembelajaran berkonsep augmented reality. Metode penelitian yang digunakan yaitu Applied Research atau penelitian terapan yang bisa menekankan persoalan secara praktis. Metode pengembangan yang digunakan yaitu MDLC (Multimedia Design Life Cycle). Metode perancangan menggunakan UML (Unified Modelling Language) dan Metode Analisis menggunakan SWOT. Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai pola bentuk yang sesuai dalam pembelajaran bahasa isyarat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Bahasa Isyarat | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Nov 2023 06:19 | ||
Last Modified: | 15 Nov 2023 06:19 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22981 |
Actions (login required)
View Item |