OPTIMALISASI PENGGUNAAN APLIKASI “AUGMENTED REALITY BAHASA ISYARAT” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Roziqin, Muhammad (2020) OPTIMALISASI PENGGUNAAN APLIKASI “AUGMENTED REALITY BAHASA ISYARAT” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (811kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 16.12.9290 Muhammad Roziqin.zip
Restricted to Repository staff only

Download (65MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)

Abstract

Kegagalan dalam memberikan layanan pembelajaran pada anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) khususnya tunarungu secara umum disebabkan kurang tepatnya program pembelajaran yang diterapkan pada siswa. Selama ini media pembelajaran mengenai dasar bahasa isyarat pada SLB Wiyata Dharma 1 Sleman untuk jenjang sekolah dasar cenderung dilakukan melalui media konvensional, misalnya buku dan poster. Dengan media tersebut siswa harus membayangkan bagaimana pola yang sesuai yang didasarkan pada Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) dan Berkenalan dengan Sistem Isyarat Indonesia (BISINDO). Akibatnya tidak sedikit siswa menemui kesalahan dalam hal pemahaman bentuk pola isyarat yang sesuai. Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar bahasa isyarat maka diusulkan membuat aplikasi berupa media pembelajaran berkonsep augmented reality. Metode penelitian yang digunakan yaitu Applied Research atau penelitian terapan yang bisa menekankan persoalan secara praktis. Metode pengembangan yang digunakan yaitu MDLC (Multimedia Design Life Cycle). Metode perancangan menggunakan UML (Unified Modelling Language) dan Metode Analisis menggunakan SWOT. Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai pola bentuk yang sesuai dalam pembelajaran bahasa isyarat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Bernadhed, Bernadhed
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Bahasa Isyarat
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 15 Nov 2023 06:19
Last Modified: 15 Nov 2023 06:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22981

Actions (login required)

View Item View Item