Setiawan, Muhammad Yusuf (2019) ANALISIS DAN PEMBUATAN 3D MODEL KARAKTER UNTUK GAME ”VRCHAT” DENGAN MENGGUNAKAN METODE SCULPTING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (949kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (33kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 15.11.8566 Muhammad Yusuf Setiawan.zip Restricted to Repository staff only Download (44MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (960kB) |
Abstract
Model 3D adalah representasi matematika pada permukaan dari sebuah objek dalam tiga dimensi. Pembuatan model 3D dapat dilakukan dengan menggunakan cara sculpting, yang memiliki kelebihan dalam fleksibilitas dan kedetailan dalam proses pembuatannya, namun cara ini memiliki kelemahan yaitu poly yang dihasilkan terlalu banyak. Game VRChat memiliki batasan untuk model karakter 3D tidak lebih dari 70.000 poly sehingga model yang dibuat dengan Sculpting harus dikurangi polynya dengan menggunakan proses retopologi yaitu dengan cara memodel ulang pada model 3D yang telah dibuat sebelumnya. Sebagian dari 3D modeller biasanya langsung melakukan proses retopologi sehingga hasil akhir polynya tidak bisa di perkirakan dan ada kemungkinan polynya tetap melebihi dari target sehingga beberapa poly harus dihapus atau di retopologi ulang. Penelitian ini menggunakan proses perhitungan luas poly terlebih dahulu yang akan digunakan untuk retopologi dengan membandingkan luas dan jumlah poly terhadap luas keseluruhan objek. dengan menghitung luas poly untuk retopologi terlebih dahulu diharapkan dapat memberikan kemudahan pada 3D modeller untuk mengetahui perkiraan jumlah poly hasil retopologi sehingga terhindar dari proses penghapusan poly atau retopologi ulang karena jumlah poly melebihi target.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Model 3D, Retopologi, 3D Modelling, Sculpting | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Nov 2023 03:13 | ||
Last Modified: | 14 Nov 2023 03:13 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22878 |
Actions (login required)
View Item |