ANALISIS DAN PEMBUATAN 3D MODEL KARAKTER UNTUK GAME ”VRCHAT” DENGAN MENGGUNAKAN METODE SCULPTING

Setiawan, Muhammad Yusuf (2019) ANALISIS DAN PEMBUATAN 3D MODEL KARAKTER UNTUK GAME ”VRCHAT” DENGAN MENGGUNAKAN METODE SCULPTING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 15.11.8566 Muhammad Yusuf Setiawan.zip
Restricted to Repository staff only

Download (44MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)

Abstract

Model 3D adalah representasi matematika pada permukaan dari sebuah objek dalam tiga dimensi. Pembuatan model 3D dapat dilakukan dengan menggunakan cara sculpting, yang memiliki kelebihan dalam fleksibilitas dan kedetailan dalam proses pembuatannya, namun cara ini memiliki kelemahan yaitu poly yang dihasilkan terlalu banyak. Game VRChat memiliki batasan untuk model karakter 3D tidak lebih dari 70.000 poly sehingga model yang dibuat dengan Sculpting harus dikurangi polynya dengan menggunakan proses retopologi yaitu dengan cara memodel ulang pada model 3D yang telah dibuat sebelumnya. Sebagian dari 3D modeller biasanya langsung melakukan proses retopologi sehingga hasil akhir polynya tidak bisa di perkirakan dan ada kemungkinan polynya tetap melebihi dari target sehingga beberapa poly harus dihapus atau di retopologi ulang. Penelitian ini menggunakan proses perhitungan luas poly terlebih dahulu yang akan digunakan untuk retopologi dengan membandingkan luas dan jumlah poly terhadap luas keseluruhan objek. dengan menghitung luas poly untuk retopologi terlebih dahulu diharapkan dapat memberikan kemudahan pada 3D modeller untuk mengetahui perkiraan jumlah poly hasil retopologi sehingga terhindar dari proses penghapusan poly atau retopologi ulang karena jumlah poly melebihi target.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Model 3D, Retopologi, 3D Modelling, Sculpting
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:13
Last Modified: 14 Nov 2023 03:13
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22878

Actions (login required)

View Item View Item