PERANCANGAN DAN PEMBUATAN 3D MODELLING UNTUK FILM ANIMASI “RESCUE” MENGGUNAKAN TEKNIK CEL SHADING DENGAN APLIKASI BLENDER

Pamungkas, Adhi Luqita (2019) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN 3D MODELLING UNTUK FILM ANIMASI “RESCUE” MENGGUNAKAN TEKNIK CEL SHADING DENGAN APLIKASI BLENDER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (964kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 16.11.0710 Adhi Luqita P.zip
Restricted to Repository staff only

Download (133MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat karakter 3D dengan teknik cel shading di aplikasi blender sehingga bisa menghasilkan animasi dengan karakter gaya kartun. Sejauh ini pada modeling animasi 3D masih mengarah pada hasil yang mendekati permukaan suatu objek agar lebih realistik. Namun pada teknik cel shading warna permukaan objek 3D mempunyai minimal 2 warna hingga 3 warna tone dan outline yang berfungsi sebagai penegas, serta 1 warna refleksi bayangan. Animasi 3D dengan gaya realistik cukup diminati para pecinta film. Proses pembuatanya mempunyai tantangan tersendiri karena dalam pembuatan film animasi dibutuhkan rendering, yang akan memperlambat proses produksi, sedangkan mereka dituntut untuk bisa memproduksi film animasi dengan cepat., Penulis menerapkan teknik cel shading pada animasi “rescue” di aplikasi blender dan dengan shading sederhana agar dapat mempercepat kinerja pada proses produksi. Sehingga disimpulkan bahwa aplikasi blender dapat menerapkan teknik cel shading dengan baik dan semakin kecilnya render samples yang digunakan pada proses rendering eevee, maka semakin baik pula kinerja dalam merender teknik cel shading.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Cel-shading, 3D, Animasi, Modelling
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:51
Last Modified: 14 Nov 2023 02:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22871

Actions (login required)

View Item View Item