PENERAPAN METODE MARKERLESS UNTUK SCAN RUANGAN KOSONG SEBAGAI VISUALISASI INTERIOR RUMAH

Muamar, Fiqi (2019) PENERAPAN METODE MARKERLESS UNTUK SCAN RUANGAN KOSONG SEBAGAI VISUALISASI INTERIOR RUMAH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 15.11.8695 Fiqi Muamar.zip
Restricted to Repository staff only

Download (333MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)

Abstract

Pada Dasarnya Dalam pembuatan augmented reality sendiri ada dua metode yang dijadikan landasan dalam pembuatan aplikasi augmented reality. Keduanya adalah marker based tracking dan markerless. Pada augmented reality yang dibuat menggunakan metode marker based tracking ini hanya melakukan scan marker atau pola yang biasanya merupakan ilustrasi hitam dan putih persegi yang kemudian menampilkan objek 3D atau pun 2D, sehingga kurang fleksibel. Karena jika marker tidak tersedia maka aplikasi tidak dapat berjalan. Dari pengertian diatas, diketahui bahwa penggunaan marker pada metode marker based tracking menjadikan aplikasi augmented reality yang dibuat menjadi ketergantungan, karena aplikasi hanya akan berjalan ketika marker tersedia. Dari permasalahan tersebut peneliti ingin membuat aplikasi augmented reality yang tidak memiliki ketergantungan terhadap marker khusus dengan menjadikan ruang kosong sebagai markerless-nya. Untuk itu dilakukan evaluasi dengan menggunakan beberapa parameter, yaitu dengan menghitung kecepatan respon aplikasi, jumlah objek virtual yang dapat ditampilkan, pengujian pergerakan kamera, pengujian jarak kamera dengan markerless, serta pengujian terhadap kondisi ruangan. Aplikasi yang dibuat mampu memenuhi setiap pengujian yang dilakukan dan juga hal tersebut telah membuktikan bahwa aplikasi yang dibuat dapat berjalan secara fleksibel tanpa memerlukan marker khusus.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, Markerless, Instant tracking, Furniture, Interior
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:41
Last Modified: 13 Nov 2023 06:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22827

Actions (login required)

View Item View Item