PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PEKERJAAN PROFESI PADA TAMAN KANAK-KANAK PKK ADIPUTRA

Yulianto, Ghoffar (2023) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PEKERJAAN PROFESI PADA TAMAN KANAK-KANAK PKK ADIPUTRA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Ghoffar Yulianto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (120MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)

Abstract

Media pembelajaran yang ada di TK PKK Adiputra masih menggunakan media cetak atau berupa buku belum memaksimalkan teknologi yang ada. Salah satunya yaitu pengenalan pekerjaan profesi yang diajarkan kepada murid atau siswa TK PKK Adiputra. Dengan menggunakan teknik marker based tracking pada pengenalan pekerjaan profesi dapat di visualisakikan secara 3D dan bergerak nantinya. Augmented Reality dalam memperkenalkan pekerjaan profesi kepada murid atau siswa TK PKK Adiputra diharapkan mampu memberikan respon timbal balik dan lebih interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi Konsep, Desain, Pengumpulan Bahan, Perancangan dan Distribusi. Pembuatan aplikasi augmented reality dengan fitur menampilkan objek 3D jenis-jenis profesi yang terdiri dari 10 jenis profesi yaitu Astronot, Guru, Dokter, Masinis, Nahkoda, Pemadam Kebakaran, Koki, Pilot, Polisisi, dan Tentara berbasis android berhasil dibuat, dan berdasarkan hasil pengujian didapatkan persentase 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai sarana alternatif belajar guru ke siswa pada TK PKK Adiputra.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, 3D, Android, Pekerjaan Profesi, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:48
Last Modified: 08 Nov 2023 01:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22771

Actions (login required)

View Item View Item