PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MOBILE “PINTARNITY” MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Fatimah, Rofiati (2023) PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MOBILE “PINTARNITY” MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Rofiati Fatimah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi internet dan aplikasi mobile telah membawa kita selangkah lebih maju dalam penerapan teknologi dalam kehidupan modern. Salah satunya dengan adanya aplikasi untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara online. Berbagai aplikasi pembelajaran online telah bermunculan yang menawarkan user interface dan user experience yang unik. User experience adalah salah satu faktor kunci dalam menentukan penggunaan aplikasi oleh user. Memang saat ini banyak aplikasi belajar online yang banyak digunakan orang, namun terkadang beberapa aplikasi masih memiliki beberapa kekurangan dan kendala yang dihadapi pengguna. Karena itulah penulis mengembangkan aplikasi Pintarnity yaitu aplikasi penunjang proses pembelajaran siswa yang memuat berbagai materi sesuai jenjang pendidikannya. Diharapkan dapat memberikan solusi bagi pengguna yang mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi e-learning yang ada. Pada studi kasus ini, penulis menggunakan Design Thinking sebagai pendekatan Design Process. Design Thinking adalah metode untuk pemecahan masalah yang praktis dan kreatif dengan fokus utama pada user. Design thinking dipilih dengan tujuan pengembangan yang lebih fleksibel berdasarkan feedback yang diterima sehingga dapat memudahkan user. Berdasarkan User Research yang telah dilakukan pada tahap usability testing dan prototype dari Pintarnity mendapatkan nilai Single Ease Question (SEQ Score) adalah 6,3 dari 7 (dengan standart kelulusan 5,5). Hal ini menandakan bahwa alur aplikasi Pintarnity mudah untuk dipahami dan dijalankan oleh pengguna.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Asharudin, Firman
Uncontrolled Keywords: User interface, User experience, Design thinking, Aplikasi mobile
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Nov 2023 04:31
Last Modified: 07 Nov 2023 04:31
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22754

Actions (login required)

View Item View Item