PEMBUATAN ANIMASI SEBAGAI MEDIA PENGENALAN JENIS TUMBUHAN BAGI ANAK SEKOLAH DASAR DI WILAYAH WAMENA PAPUA

Rabbani, Ramadhan (2023) PEMBUATAN ANIMASI SEBAGAI MEDIA PENGENALAN JENIS TUMBUHAN BAGI ANAK SEKOLAH DASAR DI WILAYAH WAMENA PAPUA. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (669kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - RAMADHAN RABBANI.zip
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Animasi adalah hasil pengolahan suatu gambar atau objek yang dapat bergerak. Awalnya animasi dibuat menggunakan lembaran-lembaran kertas yang kemudian diputar sehingga terbentuklah suatu efek objek yang bergerak. Pada perkembangannya, pembuatan animasi dengan bantuan komputer dan perangkat lunak animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Sudah banyak perangkat lunak dengan fitur-fitur yang disediakan dengan gratis untuk membuat animasi. Dengan banyaknya perangkat lunak gratis untuk membuat animasi, perkembangan animasi menjadi meningkat khususnya di Indonesia, baik itu sebagai animasi game ataupun film. Namun dengan perkembangan tersebut, hanya sedikit konten-konten animasi yang memberikan unsur pengenalan literasi bagi anak-anak. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini akan dibuat sebuah animasi menggunakan perangkat lunak yang memiliki unsur pendidikan bagi masyarakat dan anak-anak agar dapat memberikan manfaat dari hasil pembuatan film animasi ini. Selain itu, penulis berharap animator-animator Indonesia dapat lebih bersemangat dalam menghasilkan sebuah animasi yang dapat memberikan lebih banyak unsur edukasi.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Masruro, Ahlihi
Uncontrolled Keywords: Animasi, Literasi, Motion graphic
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:24
Last Modified: 02 Nov 2023 06:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22516

Actions (login required)

View Item View Item