PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MOTION GRAPHIC “BELAJAR MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK USIA 5 SAMPAI 7 TAHUN DI YAYASAN YATIM-PIATU YMIC YOGYAKARTA”

Firmansyah, Ade (2023) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MOTION GRAPHIC “BELAJAR MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK USIA 5 SAMPAI 7 TAHUN DI YAYASAN YATIM-PIATU YMIC YOGYAKARTA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Ade Firmansyah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (53MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

Pembelajaran Al–Qur’an sangat penting diberikan kepada anak sejak usia dini karena Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi setiap umat muslim, oleh karena itu diperlukan perhatian khusus untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak dengan metode yang menyenangkan dan mudah dipahami agar anak memiliki minat dan keinginan untuk mempelajarinya. Belajar Al-Qur’an dimulai dari menghafal, menulis dan membaca huruf hijaiyah Ada banyak cara dan metode yang dapat digunakan untuk mempermudah anak-anak memahami huruf hijaiyah salah satunya dengan video motion graphic. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, penulis mengembangkan animasi sebagai media pembelajaran dengan materi dasar seperti belajar menghapal dan memahami huruf hijaiyah untuk anak usia 5 sampai 7 tahun. Dalam penelitian ini metodologi yang digunakan adalah Triangulasi data Sehingga produk yang dikembangkan jadi, dapat dilakukan uji keefektifan produk tersebut. Dari hasil olah tabel frekuensi untuk aspek kelayakan penonton memperoleh prosentase 83% dan pada aspek kelayakan video 87,6% yang artinya video pembelajaran berhasil memberikan kemudahan kepada anak dan guru dalam menyampaikan dan memahami materi yang disampaikan melalui video belajar menghafal huruf hijaiyah untuk anak usia 5 sampai 7 tahun.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Supriatin, Supriatin
Uncontrolled Keywords: Huruf hijaiyah,Motion graphic,Media pembelajaran
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:13
Last Modified: 01 Nov 2023 06:13
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22409

Actions (login required)

View Item View Item