PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL ORGAN GERAK MANUSIA MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE CC 2019 UNTUK SISWA KELAS V SD MUHAMMADIAH CONDONGCATUR

Asrofi, Safiq (2023) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL ORGAN GERAK MANUSIA MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE CC 2019 UNTUK SISWA KELAS V SD MUHAMMADIAH CONDONGCATUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Safiq Asrofi.zip
Restricted to Repository staff only

Download (226MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)

Abstract

Organ gerak merupakan alat gerak pada makhluk hidup yang berfungsi untuk berbagai aktifitas seperti berjalan, berlari, dan sebagainya. Organ gerak yang terus berjalan akhirnya tersusun menjadi suatu sistem gerak. Sistem gerak terdiri dari tulang dan otot serta dibantu oleh persendian, tulang sebagai gerak pasif karena tidak dapat bergerak sendiri dan otot sebagai alat gerak aktif karena dapat berkontraksi dan berelaksasi. Media pembelajaran ini berguna untuk siswa – siswi sekolah dasar yang ingin mempelajari ulang materi yang sudah dijelaskan guru disekolah, karena terdapat kuis yang menyenangkan sebagai latihan soal dan juga penjelasan materi berupa animasi. Guru juga dapat menggunakannya sebagai media pembelajaran alternatif di kelas. Hal ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman bagi beberapa siswa – siswi terhadap materi tersebut, maka dari itu tujuan pembuatan media pembelajaran ini adalah agar siswa – siswi lebih paham dan tidak mudah lupa materi yang dipelajari dikarenakan ilustrasi tidak hanya gambar namun berupa animasi. Semua materi bisa didapatkan melalui interner ataupun buku, namun penulis tertarik membuat media pembelajaran berupa aplikasi dengan memasukkan unsur teks, gambar, dan animasi yang bisa digunakan dimana saja dam kapan saja.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mustopa, Ali
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Alternatif, Organ Gerak Manusia, Sekolah Dasar, Corel Draw, Adobe Animate
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:08
Last Modified: 01 Nov 2023 04:08
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22388

Actions (login required)

View Item View Item