PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI PEMBELAJARAN PENGENALAN GAMELAN MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE DI SD MUHAMMADIYAH MRISI

Aziz, Miftakhul Falah (2023) PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI PEMBELAJARAN PENGENALAN GAMELAN MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE DI SD MUHAMMADIYAH MRISI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (779kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Miftakhul Falah Aziz.zip
Restricted to Repository staff only

Download (105MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)

Abstract

Jenjang pendidikan merupakan suatu proses yang kompleks. Melalui pendidikan, berbagai aspek kehidupan seorang manusia dapat dimanfaatkan dalam segala bidang, termasuk pemanfaatan pembelajaran. Pembelajaran mengenai pengenalan gamelan di SD Muhammadiyah Mrisi dalam penyampaiannya saat ini masih menggunakan media pembelajaran konvesional. Multimedia interaktif dapat digunakan sebagai media pembelajaran di SD Muhammadiyah Mrisi. Penggunaan multimedia interaktif juga dapat membantu guru dalam pengulangan materi yang sudah diberikan disekolah. Metode yang digunakan dalam mengetahui pokok permasalahan menggunakan observasi dan wawancara. Serta metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Multimedia Development Live Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo. Untuk mengatasi kondisi tersebut ialah membangun aplikasi media interaktif sebagai pembelajaran pengenalan gamelan berbasis android dengan menggunakan software Adobe Animate. Penelitian ini menghasilkan sebluah aplikasi media interkatif yang berisikan informasi mengenain pengenalan gamelan yang diantaranya berisikan materi pembelajaran, soal berupa kuis gambar materi dan contoh suara alat music gamelan. Skor penilaian aplikasi ini berdasarkan hasil kuesioner kepada 5 guru menghasilkan presentase 86% dan dapat dikategorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Multimedia interaktif, Adobe Animate, Multimedia Development Live Cycle (MDLC), Aplikasi, Gamelan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:56
Last Modified: 30 Oct 2023 07:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22227

Actions (login required)

View Item View Item