Maulana, Nuha Muhammad Iqbal (2023) PENERAPAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA KATALOG DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN BERBELANJA PADA TOKO POJOK PAK RONI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (929kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (45kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2082 Nuha Muhammad Iqbal Maulana.zip Restricted to Repository staff only Download (137MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan pelayanan dalam berbelanja pada Toko Pojok Pak Roni dengan menerapkan Metode Augmented Reality (AR) pada katalog digital. Latar belakang masalah muncul dari Seringkali dikarenakan banyaknya konsumen menyebabkan antrian panjang. Beberapa antrian disebabkan oleh konsumen yang kebingungan dalam menentukan barang yang ingin dibeli. Solusi yang dapat dilakukan yaitu membuat katalog digital berbasis Augemented Reality agar membantu pelanggan dalam menentukan pilihan. Penelitian ini menghasilkan sebuah filter Instagram yang diberi nama "EKatalog Top Sale." Filter ini memanfaatkan objek augmented reality yang menampilkan gambar barang dengan tekstur dan ukuran yang mendekati barang aslinya. Pengguna dapat dengan mudah mencari dan menggunakan filter ini melalui aplikasi Instagram, dan kemudian mengarahkan kamera pada marker yang telah disediakan. Hasil penelitian ini dievaluasi menggunakan pengujian kelayakan dengan metode Skala Likert. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sebanyak 82,4% responden merasa bahwa filter ini sangat layak digunakan. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan AR dalam bentuk filter Instagram seperti "EKatalog Top Sale" dapat efektif meningkatkan pengalaman berbelanja, memberikan informasi yang lebih jelas tentang produk, serta mengurangi antrian yang diakibatkan oleh Kebingungan dalam pemilihan barang.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented reality, Katalog digital, Efektivitas berbelanja, Filter Instagram, Pengalaman pengguna, Skala Likert | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Oct 2023 03:29 | ||
Last Modified: | 30 Oct 2023 03:29 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22175 |
Actions (login required)
View Item |