Prabowo, Subekti Andi (2023) MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN ANATOMI TUMBUHAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (773kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (73kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.1960 Subekti Andi Prabowo.zip Restricted to Repository staff only Download (114MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (886kB) |
Abstract
Kehadiran pandemi pada awal tahun 2020 lalu turut merubah tataan kehidupan manusia. Dengan bergantinya ruang pembelajaran yang semula dilaksanakan secara langsung berganti menjadi pertemuan secara online menggunakan piranti teknologi dan platform digital, turut mengubah kebiasaan sehingga berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Sulitnya beradaptasi dalam penerapan metode pembelajaran menjadikan sebuah tatanan dalam dunia pendidikan, khususnya penggunaan smartphone yang tidak efisien menjadikan siswa akan terbiasa menggunakannya untuk bermain daripada belajar. Dalam penelitian ini, penulis meneliti tentang bagaimana aplikasi dapat mengaplikasikan pembelajaran sebagai media interaktif yang tentu saja menyenangkan dan mudah dicerna oleh siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, penulis berinisiatif untuk merancang sebuah aplikasi pembelajaran anatomi tumbuhan dalam mata pelajaran IPA dengan menambahkan fitur Augmented Reality yang menampilkan objek 3 dimensi sebagai sarana pembelajaran interaktif dan menarik pada siswa sekolah dasar yang dikemas dalam sebuah aplikasi berbasis android. Perancangan aplikasi ini menggunakan Software Blender yang digunakan untuk membuat konten multimedia khususnya objek 3D, Corel Draw yang digunakan untuk membuat interface aplikasi, Unity 3D untuk menyatukan semua asset menjadi sebuah aplikasi dan Vuforia SDK sebagai database penyimpanan marker. Tujuan dari penulisan ini adalah mengembangkan aplikasi media pembelajaran interaktif anatomi tumbuhan tiga dimensi menggunakan augmented reality dengan menggunakan metode pelacakan Marker Based Tracking agar mempermudah pembelajaran anatomi tumbuhan untuk siswa sekolah dasar. Adapun metodologi penelitian yang digunakan penulis yaitu menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil dari perancangan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi tentang anatomi tumbuhan serta siswa dapat melihat dengan jelas bentuk dari tumbuhan yang disampaikan dengan detail dan mudah dimengerti.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Anatomi tumbuhan, Augmented Reality | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Oct 2023 03:22 | ||
Last Modified: | 30 Oct 2023 03:22 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22168 |
Actions (login required)
View Item |