Yahya, Muhammad Ferdi (2023) {JALUR PENGAKUAN EKTSTERNAL} PEMBUATAN KARAKTER DAN ANIMASI 3D "NOGO" PADA SCENE PETARUNGAN NOGO DAN BARONG DI FILM “MISSED”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (905kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (68kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Non-Reguler Source Code - Muhhammad Ferdi Yahya.rar Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penggunaan motion path dalam pembuatan 3D animasi dalam film animasi “Missed” yang bertemakan pertarungan antara dua pemuda akibat kesalahpahaman. Dalam penelitian ini akan menjelaskan penerapan Teknik 3D motion path dalam karakter “Nogo”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan 3D animasi dengan gerakan yang halus dan akurat berdasarkan jalur gerakan yang telah ditentukan menggunakan motion path. Penelitian ini menggunakan metode mzSnakeTool dengan menggunakan software animasi 3D Autodesk Maya. Data yang digunakan adalah objek 3D yang telah dibuat dan motion path yang telah ditentukan. Motion path digunakan untuk memberikan arah dan gerakan pada objek dalam animasi. Hasil animasi yang dihasilkan kemudian dinilai oleh sejumlah responden yang ahli dalam bidang animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan motion path dalam pembuatan 3D animasi memberikan hasil yang lebih baik daripada menggunakan teknik animasi konvensional. Objek yang diarahkan menggunakan motion path menghasilkan gerakan yang lebih halus dan akurat sesuai dengan jalur yang telah ditentukan. Selain itu, teknik ini memungkinkan animator untuk mengatur kecepatan gerakan objek dengan lebih mudah. Kesimpulannya, motion path merupakan teknik yang efektif dalam pembuatan 3D animasi. Penggunaan motion path dapat meningkatkan kualitas animasi dan mempercepat proses pembuatan animasi. Namun, teknik ini memerlukan pengetahuan yang cukup dalam penggunaan software animasi 3D serta pemahaman yang baik tentang prinsip animasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 3d Modeling, Motion path, Autodesk Maya | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 Oct 2023 07:36 | ||
Last Modified: | 27 Oct 2023 07:36 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22129 |
Actions (login required)
View Item |