Rofiqi, Ikhsan (2023) REPRESENTASI BUDAYA JEPANG DALAM IKLAN INDOMIE RAMEN SERIES (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (756kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (526kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (68kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Indomie Ramen Series adalah salah satu produk mi instan yang menawarkan cita rasa khas Jepang. Produk ini menggunakan berbagai elemen budaya Jepang dalam iklannya, seperti pakaian, musik, bahasa, dan simbol. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi budaya Jepang dalam iklan Indomie Ramen Series dengan menggunakan model semiotika Ferdinand de Saussure penanda (signifier) dan petanda (signified) pesan pada iklan Indomie Ramen Series, serta makna yang terkandung pada gambar (scene) pada iklan Indomie Ramen Series. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika model Ferdinand de Saussure yang dilihat dari penanda dan petanda. Unit analisis pada penelitian ini adalah iklan Indomie Ramen Series yang dimana peneliti mengambil beberapa gambar (shot) pada iklan yang menunjukkan makna representasi budaya Jepang dalam video iklan Indomie Ramen Series. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini yaitu menggunakan hasil observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai unsur-unsur budaya seperti sistem bahasa, sistem sosial, sistem perlengkapan, sistem kegiatan ekonomi, kepercayaan, dan kesenian dapat di representasikan pada iklan Indomie Ramen Series melalui beberapa scene.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Ferdinand De Saussure, Budaya, Iklan, Indomie, Representasi | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 Oct 2023 06:44 | ||
Last Modified: | 27 Oct 2023 06:44 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22106 |
Actions (login required)
View Item |