REPRESENTASI BUDAYA JEPANG DALAM IKLAN INDOMIE RAMEN SERIES (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE)

Rofiqi, Ikhsan (2023) REPRESENTASI BUDAYA JEPANG DALAM IKLAN INDOMIE RAMEN SERIES (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (756kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (526kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indomie Ramen Series adalah salah satu produk mi instan yang menawarkan cita rasa khas Jepang. Produk ini menggunakan berbagai elemen budaya Jepang dalam iklannya, seperti pakaian, musik, bahasa, dan simbol. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi budaya Jepang dalam iklan Indomie Ramen Series dengan menggunakan model semiotika Ferdinand de Saussure penanda (signifier) dan petanda (signified) pesan pada iklan Indomie Ramen Series, serta makna yang terkandung pada gambar (scene) pada iklan Indomie Ramen Series. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika model Ferdinand de Saussure yang dilihat dari penanda dan petanda. Unit analisis pada penelitian ini adalah iklan Indomie Ramen Series yang dimana peneliti mengambil beberapa gambar (shot) pada iklan yang menunjukkan makna representasi budaya Jepang dalam video iklan Indomie Ramen Series. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini yaitu menggunakan hasil observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai unsur-unsur budaya seperti sistem bahasa, sistem sosial, sistem perlengkapan, sistem kegiatan ekonomi, kepercayaan, dan kesenian dapat di representasikan pada iklan Indomie Ramen Series melalui beberapa scene.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pudrianisa, Sheila Lestari Giza
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Ferdinand De Saussure, Budaya, Iklan, Indomie, Representasi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:44
Last Modified: 27 Oct 2023 06:44
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22106

Actions (login required)

View Item View Item