PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF "TOMO SLASH - MATH EXTENSION" BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY 2D

Arkan, Mochamad Haji Irsyad (2023) PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF "TOMO SLASH - MATH EXTENSION" BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY 2D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Irsyad Arkan.rar
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)

Abstract

Hubungan antara desain game, pengembangan game dan teori pendidikan digunakan untuk mengembangkan model untuk menciptakan lingkungan belajar yang kompleks. Game merupakan media entertainmen yang banyak dikalangan masyarakat saat ini, termasuk anak-anak. Selain sebagai media entertainmen, saat ini game juga dapat digunakan untuk media pembelajaran anak. Matematika merupakan pelajaran yang sangat sulit bagi anak-anak sekolah dasar. Jenis operasi perhitungan mulai dipelajari pada kelas 3, seperti penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Untuk menghindari kesulitan belajar, Kita harus menggunakan metode lain seperti belajar melalui permainan. Game sudah menjadi salah satu hal yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan berkembangnya perangkat mobile khususnya jenis smartphone dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang sangat pesat khususnya pada smartphone berbasis android. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah aplikasi game edukasi matematika untuk meningkatkan minat anak-anak untuk belajar memahami dasar dari operasi perhitungan matematika. Dalam pembuatan game edukasi “Tomo Slash – Math Extension” penulis menggunakan software Unity 2D dan dapat dimainkan di berbagai gadget dengan sistem operasi Android. Pembuatan game edukasi ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi yang mendidik dan dapat meningkatkan motivasi belajar kepada anak-anak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Game, Matematika, Android, Smartphone
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:07
Last Modified: 27 Oct 2023 04:07
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22092

Actions (login required)

View Item View Item