Fatah, Firza Pandita (2023) {JALUR ARTIST-KETERLIBATAN PROJECT BESAR} PEMBAHASAN RENDER FILM AJISAKA PADA SCENE “SUNDARI MELAWAN KING CENGKAR”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (92kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (42kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Magang Artist Source Code - Firza Pandita Fatah.rar Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Film Animasi 3D "Ajisaka" dari PT. Mataram Surya Visi atau lebih dikenal sebagai MSV Studio merupakan film dengan standar untuk bioskop ukuran layar 12mx16m dengan resolusi 2048x872 pixels, dalam proses pembuatannya dibutuhkan komputer dan server dengan spesifikasi hardware yang tinggi untuk mendukung proses render animasi 3D menjadi sebuah satu film yang utuh dan jadi. 3D Rendering adalah langkah akhir dalam alur produksi pembuatan film 3D dimana semua informasi seperti 3D model, animasi, shaders, simulasi, dan pencahayaan disatukan menjadi satu untuk kemudian ditangkap oleh sudut pandang kamera dari program 3D tersebut dan dikalkulasi menjadi satu gambar dengan mengikuti setting yang telah ditentukan. PT. Mataran Surya Visi atau MSV Studio dalam pembuatan film "Ajisaka" mnggunakan render engine dari Pixar yaitu RenderMan yang di integrasikan ke dalam software 3D Autodesk Maya 2018. RenderMan adalah sebuah render engine yang populer digunakan dalam industri film dan animasi. Proses render dalam RenderMan dapat memakan waktu yang cukup lama, tergantung pada kompleksitas scene, jumlah objek yang digunakan, pencahayaan, efek-efek yang diterapkan, dan spesifikasi hardware yang digunakan. Namun, RenderMan dikenal karena menghasilkan kualitas visual yang tinggi, bagus, dan realistis, sehingga banyak digunakan dalam produksi film animasi profesional. Untuk mempercepat render, maka dibutuhkan yang namanya renderfarm. Renderfarm adalah kumpulan dari beberapa komputer yang bekerja secara bersamaan dan terhubung secara pararel untuk dapat membagi saling membagi beban render membentuk sebuah mesin yang berguna untuk mempercepat waktu render dalam produksi film animasi maupun grafis yang kompleks
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 3D, Render, Multimedia, Renderman, Autodesk maya | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 Oct 2023 03:54 | ||
Last Modified: | 27 Oct 2023 03:54 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22086 |
Actions (login required)
View Item |