IMPLEMENTASI IMPACT FRAME DALAM PEMBUATAN ADEGAN MEMUKUL PADA ANIMASI 2D TERHADAP KESAN PENONTON

Rianto, Untung (2023) IMPLEMENTASI IMPACT FRAME DALAM PEMBUATAN ADEGAN MEMUKUL PADA ANIMASI 2D TERHADAP KESAN PENONTON. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (677kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Untung Rianto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (111MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)

Abstract

Animasi 2D dalam hal ini hand-drawn animation terus melakukan penyesuaian dengan perkembangan teknologi dan juga kebiasaan pasar. Tidak hanya merubah bagaimana animasi diproduksi namun juga terus berinovasi dalam hal penyampaian ide supaya animasi tidak terlihat monoton dan membosankan. Salah satu inovasi ini adalah pemanfaatan exaggeration dengan lebih luas. Exaggeration merupakan bagian dari 12 prinsip animasi dan umumnya sering dimunculkan pada animasi yang bernuansa kartunis, untuk menguatkan kesan bahwa adegan yang ditampilkan tidak nyata [7]. Namun bagaimana bila exaggeration digunakan untuk tujuan yang berbeda, misalnya untuk menunjukkan kesan dramatis sebuah adegan? Pada penelitian ini, peneliti mencoba untuk meneliti hal tersebut dengan mengimplementasikan impact frame pada adegan pukulan. Impact frame pada dasarnya merupakan special effect yang digunakan untuk adegan dengan benturan dan ledakan dahsyat. Sehingga apabila diterapkan pada adegan selain itu, akan memungkinkan untuk timbul yang kesan berbeda. Peneliti ingin melihat bagaimana tanggapan penonton setelah melihat bahan penelitian ini, apakah dengan impact frame dapat meningkatkan ketertarikan penonton pada animasi yang ditampilkan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Animasi, Inovasi, Exaggeration, Impact frame, Kesan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:37
Last Modified: 27 Oct 2023 01:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22055

Actions (login required)

View Item View Item