Pakiding, Kezia Deslyta (2023) PENGARUH BRAND COMMUNITY AFFECT DAN BRAND COMMUNITY TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PADA RUBI COMMUNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (955kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (83kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh brand community affect terhadap brand loyalty, 2) untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh brand community trust terhadap brand loyalty, 3) untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh brand community affect dan brand community trust terhadap brand loyalty. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner online kepada responden melalui media sosial instagram. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand community affect (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel brand loyalty (Y). Data tersebut menunjukkan bahwa indikator dari brand community affect seperti feel good, happy, dan give pleasure tidak dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen terhadap suatu merek. Pada variabel brand community trust (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap brand loyalty (Y) yang dimana menunjukkan bahwa semakin tinggi kepercayaan anggota kepada RUBI Community, maka semakin tinggi pula loyalitas anggota terhadap merek. Lalu pada variabel brand community affect (X1) dan brand community trust (X2) berpengaruh secara simultan terhadap brand loyalty (Y) sebesar 19,2% sedangkan 80,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Saran kepada Avoskin yaitu memanfaatkan keberadaan RUBI sebagai komunitas merek untuk menarik kepercayaan pelanggan. Saran untuk penelitian berikutnya yaitu mengganti variabel brand community affect dengan variabel lainnya yang mempunyai potensi dalam mempengaruhi brand loyalty. Penelitian selanjutnya juga disarankan untuk mengembangkan item pertanyaan/pernyataan sehingga hasil penelitian dapat dieksplor lebih jauh.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Brand Community Affect, Brand Community Trust, Brand Loyalty | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:07 | ||
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:07 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22031 |
Actions (login required)
View Item |