PENGARUH BRAND COMMUNITY AFFECT DAN BRAND COMMUNITY TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PADA RUBI COMMUNITY

Pakiding, Kezia Deslyta (2023) PENGARUH BRAND COMMUNITY AFFECT DAN BRAND COMMUNITY TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PADA RUBI COMMUNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh brand community affect terhadap brand loyalty, 2) untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh brand community trust terhadap brand loyalty, 3) untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh brand community affect dan brand community trust terhadap brand loyalty. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner online kepada responden melalui media sosial instagram. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand community affect (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel brand loyalty (Y). Data tersebut menunjukkan bahwa indikator dari brand community affect seperti feel good, happy, dan give pleasure tidak dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen terhadap suatu merek. Pada variabel brand community trust (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap brand loyalty (Y) yang dimana menunjukkan bahwa semakin tinggi kepercayaan anggota kepada RUBI Community, maka semakin tinggi pula loyalitas anggota terhadap merek. Lalu pada variabel brand community affect (X1) dan brand community trust (X2) berpengaruh secara simultan terhadap brand loyalty (Y) sebesar 19,2% sedangkan 80,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Saran kepada Avoskin yaitu memanfaatkan keberadaan RUBI sebagai komunitas merek untuk menarik kepercayaan pelanggan. Saran untuk penelitian berikutnya yaitu mengganti variabel brand community affect dengan variabel lainnya yang mempunyai potensi dalam mempengaruhi brand loyalty. Penelitian selanjutnya juga disarankan untuk mengembangkan item pertanyaan/pernyataan sehingga hasil penelitian dapat dieksplor lebih jauh.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Damastuti, Riski
Uncontrolled Keywords: Brand Community Affect, Brand Community Trust, Brand Loyalty
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:07
Last Modified: 26 Oct 2023 06:07
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22031

Actions (login required)

View Item View Item