Alfariza, Muhammad Kaisar (2023) ANALISIS RELIABLE LINK RANGE V2I TERHADAP THROUGHPUT PADA JARINGAN LTE DI JALAN RAYA INDONESIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (179kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (45kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code - Muhammad Kaisar Alfariza.rar Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
Abstract
Vehicular Ad Hoc Network (VANET) merupakan bagian utama dari Intelligent Transportation Systems (ITS). Salah satu tugas ITS yang krusial adalah penyampaian pesan lalu lintas kepada pengemudi agar pengalaman berkendara terasa lancar dan aman. Komunikasi V2V dapat digunakan untuk mengirim pesan antar kendaraan akan tetapi tidak semua kendaraan dilengkapi dengan kemampuan ini. Permasalahan di Indonesia yang akan muncul jika teknologi ini diimplementasikan, salah satunya, menentukan jarak operasional RSU berdampak pada throughput speed dan besar paket pesan. Maka dari itulah, komunikasi V2I diperlukan untuk mengirim pesan mengenai keadaan kendaraan tanpa perlu memodifikasi kendaraan manual. Reliabilitas pengiriman pesan menjadi kunci utama jika diperlukan penggunaan V2I ini. Pengukuran reliabilitas pada peneltian sebelumnya terdiri dari reliable link range, blocking probability, dan authentication. Pada penelitian ini akan dilakukan simulasi komunikasi jaringan V2I menggunakan jaringan LTE pada skenario jalan raya Indonesia, mengevaluasi jarak menggunakan parameter reliable link range dan throughput yang memperhitungkan jarak RSU dan kendaraan bergerak menggunakan simulasi Discrete Event Simulation Omnet++. Hasil simulasi menggunakan delay 1000 ms menunjukkan jarak transmisi terjauh yaitu 10 m memilliki throughput sebesar 61.59398101 KB/s dan terdekat 61.05214296 KB/s untuk noise dibawah gain. Hasil simulasi menggunakan delay 3000 ms menunjukkan jarak transmisi terjauh yaitu 10 m memiliki throughput sebesar 21.0591255 KB/s dan terdekat 20.99541733 KB/s.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | V2I, LTE, Reliable Link Range, Throughput, Road Side Unit | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Oct 2023 03:11 | ||
Last Modified: | 26 Oct 2023 03:11 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22003 |
Actions (login required)
View Item |