{SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} COPYWRITING IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BIJAK BERMEDIA” DALAM MENANGKAL UJARAN KEBENCIAN

Bungsu, Devha Sonatha (2023) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} COPYWRITING IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BIJAK BERMEDIA” DALAM MENANGKAL UJARAN KEBENCIAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Skema Artis Content Creator Source Code- Devha Sonatha Bungsu.zip
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Skema Artis Content Creator Publikasi - Andreas Tri Bungsu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi di media sosial. Kemajuan teknologi ini memberikan manfaat bagi masyarakat untuk memenuhi hak asasinya dalam kebebasan berpendapat. Disisi lain, penggunaan media sosial juga memiliki dampak negatif dalam mengekspresikan dirinya seperti melakukan ujaran kebencian, Kasus ujaran kebencian merupakan hal yang harus ditangani, oleh karena itu pemerintah mengadakan program sebagai upaya pencegahan. Salah satu langkah dalam mendukung program tersebut adalah membuat informasi yang bersifat edukatif, salah satunya adalah iklan layanan masyarakat. Tugas penulis naskah adalah mengembangkan ide dan isi cerita. Selain tugas tersebut penulis naskah harus dituntut dapat memahami teknik copywriting supaya konten menjadi menarik. Teknik copywriting yang digunakan adalah AIDA, terdiri dari attention, interest, desire, dan action. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan AIDA dalam iklan layanan masyarakat “Bijak Bermedia”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan teknik AIDA dalam iklan layanan masyarakat “Bijak Bermedia” tidak sepenuhnya bisa dikatakan efektif. Tahap attention seharusnya dapat lebih dimaksimalkan agar tidak mempengaruhi langkah selanjutnya. Penelitian ini juga menunjukan bahwa pengembangan cerita dalam iklan melalui proses pencarian ide, pengendapan, dan treatment.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pamungkas, Andreas Tri
Uncontrolled Keywords: Iklan layanan masyarakat, Ujaran kebencian, Penulis naskah, Copywriting, AIDA
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:39
Last Modified: 26 Oct 2023 06:00
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21995

Actions (login required)

View Item View Item