Bungsu, Devha Sonatha (2023) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} COPYWRITING IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BIJAK BERMEDIA” DALAM MENANGKAL UJARAN KEBENCIAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (198kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (104kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Skema Artis Content Creator Source Code- Devha Sonatha Bungsu.zip Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Skema Artis Content Creator Publikasi - Andreas Tri Bungsu.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi di media sosial. Kemajuan teknologi ini memberikan manfaat bagi masyarakat untuk memenuhi hak asasinya dalam kebebasan berpendapat. Disisi lain, penggunaan media sosial juga memiliki dampak negatif dalam mengekspresikan dirinya seperti melakukan ujaran kebencian, Kasus ujaran kebencian merupakan hal yang harus ditangani, oleh karena itu pemerintah mengadakan program sebagai upaya pencegahan. Salah satu langkah dalam mendukung program tersebut adalah membuat informasi yang bersifat edukatif, salah satunya adalah iklan layanan masyarakat. Tugas penulis naskah adalah mengembangkan ide dan isi cerita. Selain tugas tersebut penulis naskah harus dituntut dapat memahami teknik copywriting supaya konten menjadi menarik. Teknik copywriting yang digunakan adalah AIDA, terdiri dari attention, interest, desire, dan action. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan AIDA dalam iklan layanan masyarakat “Bijak Bermedia”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan teknik AIDA dalam iklan layanan masyarakat “Bijak Bermedia” tidak sepenuhnya bisa dikatakan efektif. Tahap attention seharusnya dapat lebih dimaksimalkan agar tidak mempengaruhi langkah selanjutnya. Penelitian ini juga menunjukan bahwa pengembangan cerita dalam iklan melalui proses pencarian ide, pengendapan, dan treatment.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Iklan layanan masyarakat, Ujaran kebencian, Penulis naskah, Copywriting, AIDA | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:39 | ||
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:00 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21995 |
Actions (login required)
View Item |