PENERAPAN ALGORITMA MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA) DALAM PEMBELIAN LAPTOP SESUAI KEBUTUHAN PENGGUNA

Safariatun, Nur (2023) PENERAPAN ALGORITMA MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA) DALAM PEMBELIAN LAPTOP SESUAI KEBUTUHAN PENGGUNA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (995kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Nur Safariatun.zip
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)

Abstract

Di era teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini membuat kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Kebutuahan teknologi saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok untuk sebagian masyarakat. Seperti penggunaan laptop dalam kegiatan sehari-hari dari urusan pekerjaan, pendidikan, bisnis, sampai bermain game. Dengan adanya laptop sebagian pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah. Laptop menjadi kebutuhan dasar bagi sebagian masyarakat. Masyarakat Indonesia yang kurang pengetahuan tentang teknologi informasi akan merasa bingung jika dihadapkan dengan berbagai pilihan. Oleh karena itu sebagian dari mereka membutuhkan informasi mengenai laptop yang akan dibeli melalui internet. Di internet mereka bisa mencari informasi tentang laptop, akan tetapi informasi yang didapat tidak selalu sesuai dengan kebutuhan, oleh karena itu dibutuhkan sistem untuk membantu calon pembeli dalam menentukan pilihannya. Banyak laptop dipasaran dengan berbagai merek, kualitas dan harga yang saling bersaing, setiap merek laptop memiliki fitur yang berbedabeda, hal ini akan menimbulkan kebingungan dalam memilih .Setiap orang memiliki selera masing-masing dalam menentukan pilihan. Tidak sedikit orang yang mempunyai kriteria selera lebih dari satu sehingga dia akan dihadapkan pada suatu pilihan dan harus memutuskan mana yang akan dipilih . Penelitian ini membangun sebuah sistem untuk menerapkan algoritma atau metode MOORA (Multi – Objective on the Basic of Ratio Analysis ), untuk membantu pengambilan keputusan dalam memilih laptop sesuai kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hartatik, Hartatik
Uncontrolled Keywords: Sistem, Informasi, Sistem informasi, Sistem pendukung keputusan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:20
Last Modified: 26 Oct 2023 02:20
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21988

Actions (login required)

View Item View Item