Safariatun, Nur (2023) PENERAPAN ALGORITMA MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA) DALAM PEMBELIAN LAPTOP SESUAI KEBUTUHAN PENGGUNA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (995kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (41kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Nur Safariatun.zip Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
Abstract
Di era teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini membuat kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Kebutuahan teknologi saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok untuk sebagian masyarakat. Seperti penggunaan laptop dalam kegiatan sehari-hari dari urusan pekerjaan, pendidikan, bisnis, sampai bermain game. Dengan adanya laptop sebagian pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah. Laptop menjadi kebutuhan dasar bagi sebagian masyarakat. Masyarakat Indonesia yang kurang pengetahuan tentang teknologi informasi akan merasa bingung jika dihadapkan dengan berbagai pilihan. Oleh karena itu sebagian dari mereka membutuhkan informasi mengenai laptop yang akan dibeli melalui internet. Di internet mereka bisa mencari informasi tentang laptop, akan tetapi informasi yang didapat tidak selalu sesuai dengan kebutuhan, oleh karena itu dibutuhkan sistem untuk membantu calon pembeli dalam menentukan pilihannya. Banyak laptop dipasaran dengan berbagai merek, kualitas dan harga yang saling bersaing, setiap merek laptop memiliki fitur yang berbedabeda, hal ini akan menimbulkan kebingungan dalam memilih .Setiap orang memiliki selera masing-masing dalam menentukan pilihan. Tidak sedikit orang yang mempunyai kriteria selera lebih dari satu sehingga dia akan dihadapkan pada suatu pilihan dan harus memutuskan mana yang akan dipilih . Penelitian ini membangun sebuah sistem untuk menerapkan algoritma atau metode MOORA (Multi – Objective on the Basic of Ratio Analysis ), untuk membantu pengambilan keputusan dalam memilih laptop sesuai kebutuhan pengguna.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sistem, Informasi, Sistem informasi, Sistem pendukung keputusan | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:20 | ||
Last Modified: | 26 Oct 2023 02:20 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21988 |
Actions (login required)
View Item |