PERANCANGAN DAN PEMBUATAN VIRTUAL TOUR 360° SEBAGAI MEDIA INFORMASI GALERI MUSEUM SONOBUDOYO YOGYAKARTA

Pratama, Dominicus Dhito Dhany (2019) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN VIRTUAL TOUR 360° SEBAGAI MEDIA INFORMASI GALERI MUSEUM SONOBUDOYO YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Souce Code 15.12.8403 Dominicus Dhito Dhany Pratama.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempromosikan, memberikan informasi dan menambah jumlah wisatawan di Galeri Museum Sonobudoyo, sehingga hasil yang diperoleh setiap hari semakin meningkat pengunjung. Kampanye media yang cukup efektif dalam perhatian publik adalah media visual seperti papan iklan, iklan, dan brosur, tetapi media hanya dapat menampilkan lingkungan kampus dalam 2D. Teknik yang sekarang dikenal sebagai Fotografi Virtual Tour adalah teknik yang memungkinkan untuk melihat foto panorama 360° sudut lebar interaktif. Teknik ini mampu membawa pengguna di dunia maya seperti berdiri tegak dan di dalam ruangan. Pengembangan aplikasi Virtual Tour menggunakan metode desain berbasis gambar untuk aplikasi Virtual Reality (IBVR) yang terdiri dari 4 tahap: Perencanaan dan Peningkatan Proyek, Spesifikasi Kebutuhan Pengguna, Pengembangan dan Implementasi IBVR, Verifikasi dan Validasi IBVR. Aplikasi yang menghasilkan aplikasi tur virtual dapat diimplementasikan di situs web, aplikasi android, desktop, dan CD interaktif. Aplikasi yang dihasilkan telah memenuhi karakteristik aplikasi IBVR yang membuat pengguna tertarik pada tampilan layar penuh, gambar yang jernih dan tajam dengan resolusi 5184 x 3456 piksel, hotspot tidak konsisten, panning manual, panning otomatis, mengisap / berharap untuk hotspot berikutnya, memperbesar / di luar. Dengan fungsionalitas dan kemudahan penggunaan, pengguna akan merasakan keberadaan spasial dalam berinteraksi dengan aplikasi tur virtual. Tanggung jawab selama panning dan zoom in / out berjalan dengan lancar, melompat hotspot membutuhkan sedikit waktu untuk memuat panorama hotspot berikutnya yaitu 2,8 detik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satya, Barka
Uncontrolled Keywords: Virtual Tour, 360°, Museum, Panorama dan Virtual Tour, Informasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:35
Last Modified: 20 Mar 2024 04:28
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21825

Actions (login required)

View Item View Item