Azmi, Fahri (2020) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PENGENALAN SEMAPHORE PRAMUKA PADA SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (834kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (257kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source code-16.11.0093-fahri azmi - Fahri Azmi.rar Restricted to Repository staff only Download (195MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0093-Fahri Azmi - Fahri Azmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
Abstract
Pada saat ini teknologi informasi dan komunikasi dapat berkembang dengan pesat dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu pemanfaatan kemajuan teknologi dalam penyampaian informasi juga mulai dikembangkan dalam dunia Pendidikan. Contoh dari pemanfaatan teknologi dengan menerapkan teknologi augmented reality pada kegiatan pramuka. Salah satu materi yang diberikan pada kegiatan pramuka yaitu semaphore. Augmented reality merupakan istilah untuk benda-benda nyata dan digital yang digabungkan di lingkungan nyata, dengan demikian augmented reality dapat menggabungkan objek dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi ke dalam lingkungan nyata secara real time. Dalam merancang dan mengembangkan teknologi augmented reality, penulis menggunakan metode perancangan UML (Unified Modeling Language) diagram untuk mendapatkan deskripsi dalam pembuatan perangkat lunak, dan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan menggunakan enam tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Dengan mengimplementasikan teknologi Augmented Reality (AR) dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran multimedia, termasuk media pengenalan semaphore pramuka. Sehingga dapat memberikan alternatif atau dapat membantu siswa dalam mengenalkan kode semaphore melalui objek 3D beserta marker.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Semaphore, UML, MDLC, Augmented Reality, 3D | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Jun 2022 04:33 | ||
Last Modified: | 15 Aug 2023 06:37 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2180 |
Actions (login required)
View Item |