IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PENGENALAN SEMAPHORE PRAMUKA PADA SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA

Azmi, Fahri (2020) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PENGENALAN SEMAPHORE PRAMUKA PADA SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (834kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source code-16.11.0093-fahri azmi - Fahri Azmi.rar
Restricted to Repository staff only

Download (195MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0093-Fahri Azmi - Fahri Azmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)

Abstract

Pada saat ini teknologi informasi dan komunikasi dapat berkembang dengan pesat dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu pemanfaatan kemajuan teknologi dalam penyampaian informasi juga mulai dikembangkan dalam dunia Pendidikan. Contoh dari pemanfaatan teknologi dengan menerapkan teknologi augmented reality pada kegiatan pramuka. Salah satu materi yang diberikan pada kegiatan pramuka yaitu semaphore. Augmented reality merupakan istilah untuk benda-benda nyata dan digital yang digabungkan di lingkungan nyata, dengan demikian augmented reality dapat menggabungkan objek dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi ke dalam lingkungan nyata secara real time. Dalam merancang dan mengembangkan teknologi augmented reality, penulis menggunakan metode perancangan UML (Unified Modeling Language) diagram untuk mendapatkan deskripsi dalam pembuatan perangkat lunak, dan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan menggunakan enam tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Dengan mengimplementasikan teknologi Augmented Reality (AR) dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran multimedia, termasuk media pengenalan semaphore pramuka. Sehingga dapat memberikan alternatif atau dapat membantu siswa dalam mengenalkan kode semaphore melalui objek 3D beserta marker.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Semaphore, UML, MDLC, Augmented Reality, 3D
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:33
Last Modified: 15 Aug 2023 06:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item View Item