PEMBUATAN ANIMASI 2D MENERAPKAN PRINSIP ANIMASI SLOW IN DAN SLOW OUT TENTANG MEKANIKAL TUBUH MANUSIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Bayuaji, Hananto Ilham (2019) PEMBUATAN ANIMASI 2D MENERAPKAN PRINSIP ANIMASI SLOW IN DAN SLOW OUT TENTANG MEKANIKAL TUBUH MANUSIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 16.11.0011 Hananto Ilham Bayuaji.zip
Restricted to Repository staff only

Download (117MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Belajar merupakan kegiatan yang tidak akan pernah berhenti dan manusia melakukan pembelajaran dengan berbagai cara namun tujuanya sama, yaitu memahami apa yang dipelajari. Berbagai cara telah dilakukan diantaranya dengan mendengarkan, membaca, melihat, mengamati, konsultasi dan lain sebagainya.Teknologi informasi dan telekomunikasi saat ini mengalami kemajuan yang pesat. Begitu pula sistem pendidikan dewasa ini telah mengalami yang sangat pesat. Informasi tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi, dalam hal ini perkembangan dunia komputer yang membuat segalanya lebih dinamis dan efisien. Penggunaan bidang multimedia ini bisa berupa gambar, teks, video, audio dan animasi. Bidang multimedia ini banyak digunakan dalam iklan televisi, presentasi atau seminar, desain majalah dan membuat film animasi. Proses animating adalah salah satu proses yang penting dalam produksi sebuah film animasi 2D, dalam hal ini adalah hasil akhir proses animating yang berupa rangkaian gerak animasi. Dan prinsip animasi Slow In dan Slow Out merupakan salah satu dari 12 Prinsip Animasi yang digunakan dalam pengerjaannya. Pada prinsip Slow In dan Slow Out. Prinsip ini menegaskan kembali bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda. Slow in terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Slow out terjadi jika sebuah gerakan yang relatif cepat kemudian melambat. Slow In dan Slow Out adalah ilusi untuk membuat percepatan atau perlambatan (acceleration) sehingga dapat menimbulkan kesan tertentu. Slow In dan Slow Out. Dalam pengujian animasi dilakukan dengan mengadakan survey kepada 5 orang guru khusus-nya guru yang mengajarkan pelajaran Biologi di SMA untuk mengetahui pembelajaran dengan menerapkan konsep animasi 2D sebagai media pembelajaran menggunakan prinsip animasi slow in dan slow out ini dapat diterima dengan baik. Dengan mendapatkan hasil render 60%, Musik dan Suara Efek 75%, Jalan Cerita 45%, Gerak Animasi 55%, Environment 60%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satya, Barka
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Animasi 2D, Prinsip Animasi, Slow In dan Slow Out, Mekanikal Tubuh Manusia, IPA
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:35
Last Modified: 05 Feb 2024 07:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21757

Actions (login required)

View Item View Item