ANALISIS BUNDLING PRODUCT UNTUK PENENTUAN POSISI DAN PROMOSI BARANG MENGGUNAKAN APRIORI DAN ROOT MEAN SQUARED ERROR

Oktari, Cendy (2021) ANALISIS BUNDLING PRODUCT UNTUK PENENTUAN POSISI DAN PROMOSI BARANG MENGGUNAKAN APRIORI DAN ROOT MEAN SQUARED ERROR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_17.11.1607_Cendy Oktari - Cendy Oktari.rar
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_17.11.1607_Cendy Oktari - Cendy Oktari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)

Abstract

Persaingan yang terjadi dalam dunia bisnis memaksa para pelaku bisnis untuk selalu memikirkan strategis-strategis dan terobosan yang dapat menjamin kelangsungan dari bisnis yang dijalankannya. Dalam rangka menghadapi persaingan bisnis dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran produk yang dijual , salah satunya adalah dengan pemanfaatan data penjualan produk. Untuk mencari pola penjualan dengan menggunakan apriori untuk dasar promosi dan posisi barang. Dengan menggunakan analisis asosiasi dan algoritma apriori dapat menghasilkan suatu rekomendasi yang di harapkan dapat membantu pemilik toko dalam mendukung keputusan strategi penjualan. Pengujian dari apriori menggunakan akar kesalahan kuadrat rata-rata(root mean squared error).Dimana untuk mendukung penelitian ini menggunakan data penjualan pada toko baju haji sahri yang berlangsung selama tiga bulan. Dari hasil proses perhitungan menggunakan apriori didapatkan bundling barang yang memenuhi nilai support 20% dan confidence 50% yaitu Sarung, Gamis, koko anak, hijab Segi empat, jarik, Rok kain, Kasos Oblong, Kaos kaki dilakukan pengujian Hasil akurasi meggunakan RMSE 17,32, dimana hasil yang baik jika nilai RMSE mendekati angka 0.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Yuli
Uncontrolled Keywords: Algoritma Apriori, Data Mining, Penjualan.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:28
Last Modified: 15 Aug 2023 06:38
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2175

Actions (login required)

View Item View Item