Pinilih, Alfiani Karya (2020) IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP GROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN (Studi Kasus: Akhsan Mart). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (34kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 16.11.0651 Alfiani Karya Pinilih.zip Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (851kB) |
Abstract
Akhsan Mart merupakan salah satu toko retail dan grosir yang bertempat di Yogyakarta. Akhsan Mart menjual berbagai barang meliputi produk makanan, minuman, obat-obatan, dan keperluan sehari-hari lainnya termasuk kebutuhan sembilan bahan pokok. Persaingan dalam dunia perdagangan khususnya retail dan grosir saat ini sangatlah ketat. Persaingan yang sangat ketat tersebut menuntut pengusaha harus menemukan cara bagaimana mencari pelanggan, sehingga mampu bertahan dalam persaingan di dunia perdagangan, dan memaksimalkan penjualan. Pemanfaatan data transaksi yang banyak dapat menghasilkan informasi atau pengetahuan yang berguna untuk membuat suatu kebijakan dan strategi pemasaran bagi Akhsan Mart. Salah satu teknik Data Mining adalah Association Rule untuk mencari pengetahuan berupa pola pembelian konsumen. Salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk mencari aturan asosiasi adalah algoritma FP-Growth dengan menggunakan dua parameter, yaitu support (nilai penunjang) dan confidence (nilai kepastian). Dengan menerapkan struktur data Tree atau disebut dengan FP-Tree untuk menentukan frequent itemset, sehingga hasilnya dapat diketahui hubungan antara suatu barang dengan barang lainnya yang sering dibeli oleh konsumen untuk strategi pemasaran produk di Toko Akhsan Mart.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pola asosiasi, Data mining, FP-GROWTH, FP-Tree | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 23 Oct 2023 06:29 | ||
Last Modified: | 23 Oct 2023 06:29 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21726 |
Actions (login required)
View Item |