IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP GROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN (Studi Kasus: Akhsan Mart)

Pinilih, Alfiani Karya (2020) IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP GROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN (Studi Kasus: Akhsan Mart). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 16.11.0651 Alfiani Karya Pinilih.zip
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)

Abstract

Akhsan Mart merupakan salah satu toko retail dan grosir yang bertempat di Yogyakarta. Akhsan Mart menjual berbagai barang meliputi produk makanan, minuman, obat-obatan, dan keperluan sehari-hari lainnya termasuk kebutuhan sembilan bahan pokok. Persaingan dalam dunia perdagangan khususnya retail dan grosir saat ini sangatlah ketat. Persaingan yang sangat ketat tersebut menuntut pengusaha harus menemukan cara bagaimana mencari pelanggan, sehingga mampu bertahan dalam persaingan di dunia perdagangan, dan memaksimalkan penjualan. Pemanfaatan data transaksi yang banyak dapat menghasilkan informasi atau pengetahuan yang berguna untuk membuat suatu kebijakan dan strategi pemasaran bagi Akhsan Mart. Salah satu teknik Data Mining adalah Association Rule untuk mencari pengetahuan berupa pola pembelian konsumen. Salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk mencari aturan asosiasi adalah algoritma FP-Growth dengan menggunakan dua parameter, yaitu support (nilai penunjang) dan confidence (nilai kepastian). Dengan menerapkan struktur data Tree atau disebut dengan FP-Tree untuk menentukan frequent itemset, sehingga hasilnya dapat diketahui hubungan antara suatu barang dengan barang lainnya yang sering dibeli oleh konsumen untuk strategi pemasaran produk di Toko Akhsan Mart.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sulistiyono, Mulia
Uncontrolled Keywords: Pola asosiasi, Data mining, FP-GROWTH, FP-Tree
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:29
Last Modified: 23 Oct 2023 06:29
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21726

Actions (login required)

View Item View Item