Wibowo, Nurohmad Wahyu (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JENIS HEWAN BERBASIS “AUGMENTED REALITY” MENGGUNAKAN UNITY DI TK PERTIWI II SUMBEREJO KLATEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (812kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (68kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.21.1139 Nurohmad Wahyu W.zip Restricted to Repository staff only Download (234MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas. Salah satu jalur pendidikan formal adalah Taman kanak-kanak (TK). Dalam proses belajar diperlukan aspek pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap. TK Pertiwi II Sumberejo Klaten merupakan salah satu taman kanak-kanak yang dalam pembelajarannya masih menggunakan ilustrasi statis khususnya untuk media pembelajaran jenis hewan. Sehingga anak kurang mampu menangkap pelajaran dengan baik dan sistem pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional menjadi kurang menarik. Augmented Reality adalah suatu teknologi yang bertujuan untuk menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia virtual. Teknologi yang cepat berkembang memungkinkan untuk diterapkan pada berbagai bidang serta sarana promosi atau informasi. Perkembangan ini didukung karena teknologi Augmented Reality mampu memberikan tampilan visual dalam bentuk objek 2D dan 3D yang menarik. Aplikasi Augmented Reality yang akan dibuat ini akan digunakan pada smartphone berbasis android. Aplikasi ini dibuat untuk menampilkan visual 3D dan menyampaikan informasi jenis hewan. Aplikasi ini memerlukan kamera pada smartphone yang berguna untuk memindai objek tertentu, yang nantinya akan dimunculkan sebuah gambaran visual 3D. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa augmented reality yang diimplementasikan dengan animasi 3D jenis hewan mampu meningkatkan semangat belajar siswa dan proses belajar berjalan lebih efektif.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Unity, 3D, Teknologi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Oct 2023 02:32 | ||
Last Modified: | 20 Oct 2023 02:32 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21617 |
Actions (login required)
View Item |