PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JENIS HEWAN BERBASIS “AUGMENTED REALITY” MENGGUNAKAN UNITY DI TK PERTIWI II SUMBEREJO KLATEN

Wibowo, Nurohmad Wahyu (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JENIS HEWAN BERBASIS “AUGMENTED REALITY” MENGGUNAKAN UNITY DI TK PERTIWI II SUMBEREJO KLATEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.21.1139 Nurohmad Wahyu W.zip
Restricted to Repository staff only

Download (234MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas. Salah satu jalur pendidikan formal adalah Taman kanak-kanak (TK). Dalam proses belajar diperlukan aspek pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap. TK Pertiwi II Sumberejo Klaten merupakan salah satu taman kanak-kanak yang dalam pembelajarannya masih menggunakan ilustrasi statis khususnya untuk media pembelajaran jenis hewan. Sehingga anak kurang mampu menangkap pelajaran dengan baik dan sistem pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional menjadi kurang menarik. Augmented Reality adalah suatu teknologi yang bertujuan untuk menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia virtual. Teknologi yang cepat berkembang memungkinkan untuk diterapkan pada berbagai bidang serta sarana promosi atau informasi. Perkembangan ini didukung karena teknologi Augmented Reality mampu memberikan tampilan visual dalam bentuk objek 2D dan 3D yang menarik. Aplikasi Augmented Reality yang akan dibuat ini akan digunakan pada smartphone berbasis android. Aplikasi ini dibuat untuk menampilkan visual 3D dan menyampaikan informasi jenis hewan. Aplikasi ini memerlukan kamera pada smartphone yang berguna untuk memindai objek tertentu, yang nantinya akan dimunculkan sebuah gambaran visual 3D. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa augmented reality yang diimplementasikan dengan animasi 3D jenis hewan mampu meningkatkan semangat belajar siswa dan proses belajar berjalan lebih efektif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Utama, Hastari
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Unity, 3D, Teknologi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:32
Last Modified: 20 Oct 2023 02:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21617

Actions (login required)

View Item View Item