PEMBUATAN ANIMASI 2D CERITA RAKYAT “GUNUNG BATU BANGKAI” UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS 6 SDN KOWANGBINANGUN

Ismoko, Andika Fauzi (2020) PEMBUATAN ANIMASI 2D CERITA RAKYAT “GUNUNG BATU BANGKAI” UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS 6 SDN KOWANGBINANGUN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
source code - 16.11.0082-Andika Fauzi Ismoko - Fauzi Ismo.rar
Restricted to Repository staff only

Download (878MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0082-Andika Fauzi Ismoko - Fauzi Ismo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)

Abstract

Film animasi yang menceritakan budaya asal Indonesia kurang begitu dikenal. Film yang berisi tentang cerita rakyat mulai tergusur dengan cerita-cerita dari negara lain. Pemakaian media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan minat dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Setelah mewawancarai kepala sekolah SDN Kowangbinangun, Animasi 2D sangat di butuhkan dalam media pembelajaran terutama bagi anak kelas 6 SD. Selain untuk mengenalkan animasi 2D, penyajian dalan bentuk animasi dapat menambah minat anak untuk membaca cerita rakyat yang berkembang di Indonesia. Pesan yang terdapat dalam cerita rakyat dapat membentuk karakteristik dan moral pada anak Dari informasi di atas penulis mencoba mengusulkan adanya pembuatan video animasi 2D sebagai media pembelajaran dengan menggunakan teknik frame by frame. Dengan teknik frame by frame sendiri mampu menyajikan informasi secara padat dan ilustratif. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis melihat peluang untuk membuatkan video media pembelajaran cerita rakyat ”Gunung Batu Bangkai”. Materi yang akan disampaikan terkhusus hanya untuk siswa kelas 6 SDN Kowangbinangun. Maka penelitian ini berjudul “ Pembuatan Animasi 2D Cerita Rakyat “Gunung Batu Bangkai” untuk Media Pembelajaran Siswa Kelas 6 SDN Kowangbinangun” menambah wawasan siswa Kelas 6 SDN Kowangbinangun tentang cerita rakyat yang ada di Indonesia

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran,SDN Kowangbinangun, Frame by frame
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:10
Last Modified: 15 Aug 2023 06:33
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2154

Actions (login required)

View Item View Item