Ismoko, Andika Fauzi (2020) PEMBUATAN ANIMASI 2D CERITA RAKYAT “GUNUNG BATU BANGKAI” UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS 6 SDN KOWANGBINANGUN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (323kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (892kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (72kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
source code - 16.11.0082-Andika Fauzi Ismoko - Fauzi Ismo.rar Restricted to Repository staff only Download (878MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0082-Andika Fauzi Ismoko - Fauzi Ismo.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
Abstract
Film animasi yang menceritakan budaya asal Indonesia kurang begitu dikenal. Film yang berisi tentang cerita rakyat mulai tergusur dengan cerita-cerita dari negara lain. Pemakaian media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan minat dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Setelah mewawancarai kepala sekolah SDN Kowangbinangun, Animasi 2D sangat di butuhkan dalam media pembelajaran terutama bagi anak kelas 6 SD. Selain untuk mengenalkan animasi 2D, penyajian dalan bentuk animasi dapat menambah minat anak untuk membaca cerita rakyat yang berkembang di Indonesia. Pesan yang terdapat dalam cerita rakyat dapat membentuk karakteristik dan moral pada anak Dari informasi di atas penulis mencoba mengusulkan adanya pembuatan video animasi 2D sebagai media pembelajaran dengan menggunakan teknik frame by frame. Dengan teknik frame by frame sendiri mampu menyajikan informasi secara padat dan ilustratif. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis melihat peluang untuk membuatkan video media pembelajaran cerita rakyat ”Gunung Batu Bangkai”. Materi yang akan disampaikan terkhusus hanya untuk siswa kelas 6 SDN Kowangbinangun. Maka penelitian ini berjudul “ Pembuatan Animasi 2D Cerita Rakyat “Gunung Batu Bangkai” untuk Media Pembelajaran Siswa Kelas 6 SDN Kowangbinangun” menambah wawasan siswa Kelas 6 SDN Kowangbinangun tentang cerita rakyat yang ada di Indonesia
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran,SDN Kowangbinangun, Frame by frame | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Jun 2022 04:10 | ||
Last Modified: | 15 Aug 2023 06:33 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2154 |
Actions (login required)
View Item |