Fatkhuroziq, Rijal (2023) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PERAN EDITOR DALAM PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (296kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (72kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Skema Artis Content Creator Source Code - Rijal Fatkhuroziq.zip Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Skema Artis Content Creator - Publikasi - Rijal Fatkhuroziq.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
Abstract
Iklan layanan masyarakat berperan sangat penting dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang bahaya memakai dan kecanduan narkoba. Dalam proses produksi iklan tersebut, editor berperan penting dalam memastikan efektifitas dan keberhasilan pesan yang disampaikan kepada publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pentingnya iklan layanan masyarakat dalam menanggulangi penggunaan narkoba dan bagaimana peran editor dalam membantu menciptakan iklan layanan masyarakat yang efektif, memberikan informasi yang berharga, dan mendorong perubahan perilaku yang positif di masyarakat. Teori yang digunakan dalam iklan layanan masyarakat ini yaitu teori psikologi persepsi, dimana teori ini dapat diaplikasikan kepada unit desain visual sederhana seperti gambar, poster, lukisan, atau bidang kerja desain yang terbatas. Hal ini dapat dibandingkan dengan informasi visual yang lebih kompleks, yaitu desain media visual yang ditujukan kepada pengamat tertentu, seperti pada produk buku, majalah, surat kabar, animasi, film, dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran editor sangat penting dalam mengoptimalkan iklan layanan masyarakat tentang narkoba ini. Khususnya membantu menyampaikan pesan secara efektif dan mempengaruhi masyarakat untuk menghindari narkoba. Dan berkat keterampilan editingnya, editor memainkan peran penting dalam menangani masalah narkoba dengan menyampaikan pesan yang bermakna kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Iklan Layanan Masyarakat, Editor, Narkoba | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Sep 2023 03:01 | ||
Last Modified: | 30 Jan 2024 04:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21427 |
Actions (login required)
View Item |