Ferwilda, Dikky (2020) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKANMETODE MARKERLESS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA SURYA KELAS X IPS SMA N 1 JETIS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (695kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
![]() |
Other (SOURCE CODE)
source code - Aplikasi-16,12,9289-Dikky Ferwilda - Dikky Ferwilda.rar Restricted to Repository staff only Download (101MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Naskah_Publikasi_16-12-9289 - Dikky Ferwilda.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) |
Abstract
Berdasarkan studi awal bersama salah satu guru mata pelajaran Geografi kelas X SMA Negeri 1 Jetis mengenai kemampuan siswa dalam belajar Geografi menyatakan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam mempelajari Tata Surya masih kurang baik, hal ini dikarenakan media yang digunakan dalam pembelajaran masih mengunakan buku cetak yang berisi informasi dan gambar 2D. pembuatan media pembelajaran baru menggunakan teknologi Augmented Reality Markerless merupakan hal yang menarik untuk memecahkan permasalahan diatas. Penelitian dengan judul “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless Sebagai Media Pembelajaran Tata Surya Kelas X IPS SMA N 1 Jetis”, memiliki rumusan masalah Bagaimana merancang aplikasi augmented reality markerless yang dapat menjadi media pembelajaran Tata Surya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam proses pembuatan aplikasi ini, metode perancangan yang digunakan adalah Media Development Life Cycle (MDLC) yang dimulai dari tahap concept (pengonsepan), design (perancangan), material collection (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), hingga distribution (pendistribusian). Hasil yang dicapai adalah sebuah aplikasi android pengenalan Tata Surya yang menampilkan objek 3D beserta informasi yang sesuai. Dengan adanya aplikasi Augmented Reality Tata Surya berbasis Android ini dapat memberikan kemudahan untuk memvisualisasikan materi Tata Surya dalam bentuk pemodelan yang lebih nyata dan real-time. Dengan metode markerless pengguna bisa memanfaatkan benda di sekitar sebagai marker untuk memunculkan objek 3D tanpa harus menyiapakn marker khusus.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Media Pembelajaran, Markerless, Tata Surya, Learning Media, Solar System | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Jun 2022 03:45 | ||
Last Modified: | 15 Aug 2023 04:13 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2140 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |