DISKURSUS PROPAGANDA ANTI-ISLAM DI INDIA MELALUI TWITTER

Aji, Hafidz Haqiqi (2023) DISKURSUS PROPAGANDA ANTI-ISLAM DI INDIA MELALUI TWITTER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)

Abstract

Twitter adalah salah satu media sosial terbesar di dunia dengan lebih dari 229 juta pengguna yang tercatat dari tahun 2017 sampai dengan 2022. Beriringan dengan hal tersebut, Twitter menjadi salah satu alat politik yang digunakan sebagai media propaganda anti-Islam di India. India merupakan negara dengan penduduk mayoritas beragama Hindu. Kemudian Hindutva adalah salah satu ideologi yang memiliki pengaruh besar di India. Hindutva memiliki cita-cita untuk kembali meng-Hindu-kan India. Konflik antara kelompok Hindu dengan Islam di India sudah terjadi sejak zaman perjuangan kemerdekaan India atau lebih tepatnya saat pemisahan antara India dengan Pakistan. Kejahatan komunal juga semakin meningkat di India sejak pemerintahan Narendra Modi dari BJP. Kemudian Twitter digunakan untuk menyebarkan pesan dan konten propaganda dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Twitter, seperti tweet, hashtag, trending topics, dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini membahas bagaimana diskursus propaganda anti-Islam di India melalui Twitter. Melalui analisis wacana kritis, penelitian ini akan membahas bagaimana konstruksi propaganda anti-Islam di India melalui Twitter di bangun. Kemudian tweet-tweet yang ditemukan akan dianalisis bentuk-bentuk propagandanya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Suharman, Yoga
Uncontrolled Keywords: Propaganda, India, Twitter, Analisis Wacana Kritis
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 320 Ilmu politik > 327 Hubungan internasional
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Hubungan Internasional
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:37
Last Modified: 30 Jan 2024 07:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21399

Actions (login required)

View Item View Item