Zain, Farhan (2023) PEMBUATAN ANIMASI PENDEK 2D “CLIMBER” MENGGUNAKAN TEKNIK FRAME BY FRAME DIGITAL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (15MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (808kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (60kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code - Farhan Zain.rar Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Animasi merupakan salah satu media yang sering digunakan untuk mempermudah manusia menangkap informasi yang diberikan karena di dalamnya meliputi hal-hal seperti gambar, teks, serta suara. Salah satu unsur kelebihan yang dimiliki animasi adalah mampu mewujudkan/menciptakan sebuah hal yang bersifat ilusi/imajinatif menjadi hidup atau nyata. Dalam penelitian ini penulis membuat animasi yang bercerita tentang seekor monyet kelaparan yang berusaha memanjat pohon untuk memetik buah di atas pohon tersebut. Di dalam cerita tersebut terdapat adegan yang membutuhkan visualisasi karakter. Oleh karena itu penulis memilih menggunakan teknik frame by frame untuk memvisualisasikan gerakan dalam animasi ini. Tujuan penyusunan penelitian ini antara lain membuat animasi 2D “Climber” dengan teknik frame by frame, menguji pengaruh teknik frame by frame dalam menceritakan animasi “Climber” tanpa menggunakan dialog, dan membuat referensi film animasi 2D dengan teknik frame by frame. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif menekankan fenomena-fenomena objektif dan dikaji secara kuantitatif. Maksimalisasi objektivitas desain penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angka-angka, pengolahan statistik, struktur dan percobaan terkontrol. Penelitian ini menghasilkan sebuah video animasi 2D pendek “Climber” yang berdurasi 58 detik dengan format .mp4 dan ukuran HD 1280x720. Dengan hasil Alpha Testing yang memuat kebutuhan non-fungsional sudah terpenuhi, dan Beta Testing yang mendapatkan skor total rata-rata 84.2% yang berarti penerapan teknik frame by frame sudah sangat baik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi, Animasi 2D, Frame by Frame | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Sep 2023 03:50 | ||
Last Modified: | 26 Jan 2024 04:14 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21364 |
Actions (login required)
View Item |