PEMBUATAN ANIMASI PENDEK 2D “CLIMBER” MENGGUNAKAN TEKNIK FRAME BY FRAME DIGITAL

Zain, Farhan (2023) PEMBUATAN ANIMASI PENDEK 2D “CLIMBER” MENGGUNAKAN TEKNIK FRAME BY FRAME DIGITAL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (15MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Farhan Zain.rar
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Animasi merupakan salah satu media yang sering digunakan untuk mempermudah manusia menangkap informasi yang diberikan karena di dalamnya meliputi hal-hal seperti gambar, teks, serta suara. Salah satu unsur kelebihan yang dimiliki animasi adalah mampu mewujudkan/menciptakan sebuah hal yang bersifat ilusi/imajinatif menjadi hidup atau nyata. Dalam penelitian ini penulis membuat animasi yang bercerita tentang seekor monyet kelaparan yang berusaha memanjat pohon untuk memetik buah di atas pohon tersebut. Di dalam cerita tersebut terdapat adegan yang membutuhkan visualisasi karakter. Oleh karena itu penulis memilih menggunakan teknik frame by frame untuk memvisualisasikan gerakan dalam animasi ini. Tujuan penyusunan penelitian ini antara lain membuat animasi 2D “Climber” dengan teknik frame by frame, menguji pengaruh teknik frame by frame dalam menceritakan animasi “Climber” tanpa menggunakan dialog, dan membuat referensi film animasi 2D dengan teknik frame by frame. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif menekankan fenomena-fenomena objektif dan dikaji secara kuantitatif. Maksimalisasi objektivitas desain penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angka-angka, pengolahan statistik, struktur dan percobaan terkontrol. Penelitian ini menghasilkan sebuah video animasi 2D pendek “Climber” yang berdurasi 58 detik dengan format .mp4 dan ukuran HD 1280x720. Dengan hasil Alpha Testing yang memuat kebutuhan non-fungsional sudah terpenuhi, dan Beta Testing yang mendapatkan skor total rata-rata 84.2% yang berarti penerapan teknik frame by frame sudah sangat baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Animasi, Animasi 2D, Frame by Frame
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:50
Last Modified: 26 Jan 2024 04:14
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21364

Actions (login required)

View Item View Item