Abduh, Hasan Al Banna Muhammad (2023) ANALISIS IDENTIFIKASI AKUN PALSU DAN BOT PADA SOSIAL MEDIA DALAM PENYEBARAN PROPAGANDA DAN DISINFORMASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN OSINT. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (931kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (111kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Hasan Al Banna Muhammad Abduh.zip Restricted to Repository staff only Download (1kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) |
Abstract
Pesatnya perkembangan media sosial telah membuka peluang baru dalam penyebaran propaganda dan disinformasi melalui akun palsu dan bot. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi akun palsu dan bot pada media sosial menggunakan pendekatan Open-Source Intelligence (OSINT). Dengan memanfaatkan data publik yang tersedia, termasuk informasi dari platform media sosial dan situs web, penelitian ini berfokus pada pengembangan metodologi untuk mendeteksi dan mengklasifikasikan akun palsu dan bot berdasarkan pola perilaku dan aktivitasnya. Melalui analisis profil akun, pola posting, interaksi, jumlah pengikut, dan jejak digital, penelitian ini bertujuan untuk menetapkan indikator kunci yang dapat membedakan akun-akun tersebut dari akun asli. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi hubungan dan jaringan antar akun-akun tersebut untuk mengidentifikasi upaya koordinasi dalam penyebaran propaganda dan disinformasi. Dengan menganalisis konten yang dibagikan oleh akun-akun tersebut, termasuk sentimen dan topik yang dibahas, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tema dan strategi umum yang digunakan dalam kampanye penyebaran informasi tersebut.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Open-Source Intelligence (OSINT), Disinformasi, Media Social, Akun Palsu, Bot | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Sep 2023 06:41 | ||
Last Modified: | 25 Jan 2024 04:54 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21280 |
Actions (login required)
View Item |