IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI TEKNOLOGI INTERAKTIF DALAM PENGENALAN RUMAH ADAT KALIMANTAN

Wahyudi, Akhmad (2022) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI TEKNOLOGI INTERAKTIF DALAM PENGENALAN RUMAH ADAT KALIMANTAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (859kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - akhmad wahyudi.zip
Restricted to Repository staff only

Download (78MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)

Abstract

Pembelajaran mengenai rumah adat kebanyakan menggunakan media buku teks dengan informasi berupa gambar dan daerah asal rumah adat memiliki kekurangan berupa terbatasnya tampilan rumah adat secara visual, karena buku hanya bisa menampilkan gambar 2-dimensi. Kekurangan media pembelajaran konvensional dapat diatasi melalui pemanfaatan teknologi augmented reality. Augmented reality merupakan teknologi yang dapat memproyeksikan bendabenda virtual ke dalam lingkungan dan waktu nyata. AR dapat memvisualisasikan rumah adat menjadi sebuah animasi 3-dimensi informatif dan naratif, sehingga rumah adat bisa ditampilkan secara menyeluruh. Aplikasi ar rumah ad aini dibuat dengan 3 tahapan yaitu, Tahapan pra produksi, Tahapan produksi, dan Tahapan pasca produksi. Melalui hasil uji kebutuhan fungsional dengan hasil akhir diperoleh bahwa semua kebutuhan fungsional telah terpenuhi. Hasil akhir dari pembuatan aplikasi ar rumah adat ini memberikan informasi mengenai rumah adat Kalimantan disertai voice over guna memperjelas informasi yang diberikan secara augmented reality dengan object 3d

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Rumah Adat, 3D, Augmented Reality
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:59
Last Modified: 25 Jan 2024 02:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21137

Actions (login required)

View Item View Item